Sudah bukan hal asing lagi bagi kita jika membaca suatu novel atau tentang komik atau dongeng lalu cerita tersebut diangkat menjadi film layar lebar yang diproduksi di Hollywood.

Adapun cerita yang berasal dari novel ataupun dongeng terutama cerita yang mengandung unsur fantasi kerap memerlukan settingan dan benda benda yang tidak biasa. Oleh sebab itu, film-film ini pun membutuhkan materi yang tidak sedikit.

Pasalnya, kebutuhan pengambilan gambar memerlukan berbagai macam bahan yang dibuat secara khusus untuk membuat film seolah nyata dan memuaskan penontonnya. Berikut 5 film dengan biaya produksi termahal.

1. Avatar

avatarfilm2
AVATAR

Avatar mampu mengumpulkan sebanyak US$1,85 miliar atau kurang lebih setara dengan Rp17,2 triliun dalam waktu sekitar satu bulan saja. Padahal biaya produksi film ini hanya sekitar US$237 juta (sekitar Rp2,2 triliun).

2. Titanic

TITANIC
TITANIC

Rupanya, Titanic menelan biaya produksi sebesar US$200 juta atau hampir Rp2 triliun. Ini mencapai angka penjualan sampai US$1,83 miliar atau jika dikurs-kan dengan nilai rupiah saat itu, hampir mencapai Rp17 triliun.

3. . The Lord of The Rings: The Return of The King

THE LORD OF THE RINGS: THE RETURN OF THE KING
THE LORD OF THE RINGS: THE RETURN OF THE KING

The Lord of The Rings: The Return of The King berhasil menyusul dua film karya James Cameron dengan angka US$1,13 M atau kurang lebih setara dengan Rp10,5 triliun. Padahal biaya produksi film ini hanya sekitar US$96 juta atau setara dengan Rp892 juta.

4. The Dark Knight

THE DARK KNIGHT
THE DARK KNIGHT

Film The Dark Knight meraup biaya produksi US$185 juta atau setara dengan Rp1,7 miliar. Selain itu, film ini pun mampu menghasilkan duit tak kurang dari US$1miliar (Rp9 triliun).

5. Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

HARRY POTTER AND THE SORCERER'S STONE
HARRY POTTER AND THE SORCERER’S STONE

Dengan biaya produksi hanya US$125 juta (Rp1,16 triliun), film Harry Potter and The Sorcerer’s Stone sanggup meraup untung sebesar US$968 juta atau sekitar Rp9 triliun dari penjualan tiket di seluruh dunia. (nha)