Usut punya usut, kereta gantung terpanjang di dunia terdapat di Zhangjiajie, suatu taman nasional di China. Kereta Gantung Tianmen Shan berada di taman nasional Zhangjiajie, Provinsi Hunan, China.

Dikutip CNN Travel, Kamis (3/4/2014) panjang rute kereta gantung ini mencapai 7.455 meter. Selain itu, kereta gantung tersebut akan membawa Anda naik turun selama perjalanan di atas ketinggian 1.279 meter. Beberapa jalur kereta gantungnya pun ada yang curam, sampai kemiringan 38 derajat.

Satu kereta gantungnya mampu menampung empat penumpang. Perjalanan Kereta Gantung Tianmen Shan mencapai 28 menit dari tempat mulai hingga finish.

Taman Nasional Zhangjiajie sendiri didominasi oleh komplek dari bebatuan yang menjulang tinggi. Bahkan, saking tinggi bebebatuan di sana membuat awan tak mampu menutupi puncaknya.

Saat kereta gantung berjalan di atas ketinggian, terlihat jelaslah beberapa bagian bebatuan masih menjulang di atas awan. Hal itulah yang membuat komplek bebatuan di Taman Nasional Zhangjiajie disebut gunung yang melayang.

Tiket masuk ke dalam Taman Nasional Zhangjiajie sebesar USD 12 atau sekitar Rp 135 ribu. Sedangkan, tiket untuk naik Kereta Gantung Tianmen Chan sebesar USD 25 atau sekitar Rp 282 ribu. (nha)