Jika Anda berkunjung ke Inggris, tentunya belum lengkap jika Anda belum mengunjungi Buckingham Palace, tempat kediaman Ratu Inggris. Namun jangan berharap Anda bisa menemui keluarga kerajaan, karena tempat ini dijaga dengan ketat.

Beberapa turis sedang berfoto di depan gerbang Buckingham Palace
Beberapa turis sedang berfoto di depan gerbang Buckingham Palace

Yang bisa Anda lakukan di sini hanyalah foto-foto di depan gerbang istananya, atau melihat air mancur bernama The Victoria Memorial. Untuk sampai ke istana ini cukup mudah, paling gampang pakai bus dan berhenti di halte Victoria Street. Atau naik kereta bawah tanah London Underground alias ‘tube’ sampai ke Victoria Station dilanjutkan dengan berjalan kaki sebentar.

Victoria Memorial dari kejauhan
Victoria Memorial dari kejauhan

Dilansir Detik, Jumat (4/4/2014), istana yang dibangun pada tahun 1703 ini diberi nama Buckingham karena didirikan oleh Duke of Buckingham. Keluarga kerajaan Inggris sendiri baru masuk ke tempat ini setelah Raja George III membelinya pada tahun 1761. Namun baru tahun 1837 istana ini resmi jadi tempat tinggal seluruh keluarga kerajaan oleh Ratu Victoria. Ratu Victoria juga yang memerintahkan untuk perluasan istana ini setelah ia menikah dengan Pangeran Albert.

Penjaga gerbang istana
Penjaga gerbang istana

Air mancur The Victoria Memorial sendiri dibuat pada tahun 1911 oleh pemahat Sir Thomas Brock. Di sini Anda bisa melihat beberapa bebek berkeliaran di air.

Air mancur Victoria
Air mancur Victoria

Jika Anda ingin ke sini, perhatikan jadwal pergantian penjaga setiap harinya supaya Anda bisa melihat upacara pergantian penjaga di gerbang Buckingham Palace. (tom)