Tema fiksi ilmiah dan luar angkasa belakangan ini memang marak dalam menghiasi layar lebar di seluruh dunia, seperti “Star Trek: Into Darkness”, “Gravity” atau “Star Wars Episode VII” yang akan hadir tahun depan. Namun tahukah Anda film apa yang pertama kali mengambil tema luar angkasa dan astronot?

Saatnya kita kembali ke tahun 1968, dimana pada tahun tersebut terdapat sebuah film klasik legendaris yang sedikit banyak memberikan pengaruh pada film-film bertema luar angkasa selanjutnya. Film tersebut berjudul “2001: A Space Odyssey”.

Dilansir Liputan6, Sabtu (5/4/2014), film yang disutradarai oleh Stanley Kubrick tersebut memiliki nuansa kelam dengan alur cerita yang terkesan kurang jelas. Setiap menit, kita dihadapkan pada berbagai macam kehidupan luar angkasa yang dilakoni oleh para astronot.

Film ini dibagi menjadi empat tema utamanya, yaitu ‘The Dawn of Man’, ‘TMA-1’, ‘Jupiter Mission’, dan ‘Jupiter and Beyond the Infinite’. Nama-nama bintang yang terlibat di film ini antara lain adalah Keir Dullea, Gary Lockwood, dan William Sylvester. Film ini juga memiliki sesosok karakter yang tak terlupakan, yaitu komputer berintelijensi tinggi yang diberi nama HAL 9000. Sosok tersebut disuarakan oleh Douglas Rain dan digambarkan memiliki sisi antagonis tersendiri yang kemungkinan menginspirasi komputer di film animasi Wall-E.

Barangkali satu-satunya hal yang menarik dari film ini adalah adanya unsur thriller yang mengancam nyawa beberapa astronot serta kecanggihan teknologi dan penggambaran konsep luar angkasa yang belum pernah digambarkan dalam film-film sebelumnya, yang kini digunakan dalam film “Gravity”.

“2001: A Space Odyssey” meraih empat Piala Oscar di ajang Academy Award yang salah satunya adalah kategori efek visual terbaik. Film ini juga masuk ke dalam posisi ke-15 di daftar American Film Institute (AFI) 2007 untuk kategori ‘100 Years… 100 Movies’. (tom)