Selain gudeg, Jogja memiliki kuliner khas lain, yaitu Sate Klatak. Bagi Anda yang sering liburan ke Jogja akan terasa kurang lengkap jika tak mencicipi kuliner khas Jogja yang satu ini.

Dilansir Yukpegi, Senin (7/4/2014), Sate klatak sebenarnya mirip dengan sate kambing karena berbahan dasar daging kambing. Meskipun sama-sama terbuat dari bahan daging kambing, potongan daging kambing pada Sate Klatak ini jauh lebih besar daripada sate kambing biasa. Dan yang membuatnya semakin khas dan berbeda dengan sate kambing biasanya adalah bahwa Sate Klatak ini menggunakan besi jeruji sepeda sebagai penusuk satenya, bukan tusuk kayu seperti kebanyakan sate.

Satu porsi Sate Klatak hanya berisi dua tusuk sate saja. Tapi jangan kecewa dulu. Satu tusuk Sate Klatak berisi potongan daging kambing yang besar dan berjumlah banyak, sehingga bisa dipastikan Anda akan merasa kenyang dengan satu porsi. Dagingnya empuk dan kering plus gurih rasanya pastinya akan menggoyang lidah Anda. Bagi Anda yang ingin tambahan rasa, Anda bisa menambahkan Sate Klatak Anda dengan kuah gule. Akan tetapi jika Anda lebih suka dengan sambal kecap, Anda juga bisa memintanya pada penjual Sate Klatak.

Saat ini kuliner khas Jogja ini sangat terkenal tak hanya dikenal oleh masyarakat Jogja saja. Banyak selebritis dan wisatawan domestik dan mancanegara sangat menyukai Sate Klatak. Jadi bagi Anda yang ingin mencicipi variasi kuliner khas Jogja lainnya, Sate Klatak ini bisa menjadi alternatif bagi Anda. (tom)