Berdasarkan laporan perbandingan biaya TripAdvisor yang dirilis baru-baru ini, terdapat 10 kota termurah bagi wisatawan Indonesia. Sebaliknya, ada pula 10 kota termahal di dunia untuk wisatawan Indonesia.

Studi ini menghitung harga club sandwich yang dipesan lewat layanan kamar, mencuci satu kemeja, serta harga sebotol air, kacang, botol mini Vodka, dan sekaleng cola yang ada di mini bar. Berikut 10 besar destinasi paling murah dan 10 besar destinasi paling mahal, seperti dikutip Kompas.

Destinasi Paling Murah:
1. Tunis, Tunisia
2. Cape Town, Afrika Selatan
3. Budapest, Hungaria
4. Praha, Republik Ceko
5. Marrakech, Maroko
6. Puerto Vallarta, Meksiko
7. Istanbul, Turki
8. Dubrobnik, Kroasia
9. Jakarta, Indonesia
10. Hanoi, Vietnam

Destinasi Paling Mahal:
1. Helsinki, Finlandia
2. Oslo, Norwegia
3. Seoul, Korea Selatan
4. Zurich, Swiss
5. Stockholm, Swedia
6. Paris, Perancis
7. New York, Amerika Serikat
8. Toronto, Kanada
9. Singapura, Singapura
10. Kopenhagen, Denmark

Daftar destinasi TripIndex internasional terdiri dari destinasi utama dengan 48 dari 50 negara yang menerima jumlah terbesar pengunjung internasional. Data dikumpulkan oleh UNWTO pada tahun 2013. Data hotel merupakan hotel bintang 4 dan 4,5 di masing-masing tujuan wisata antara tanggal 1 Juni hingga 31 Agustus 2014.

Harga TripIndex Room Service didasarkan item di setiap destinasi untuk mewakili barang dan jasa tak terduga yang umum wisatawan dapat ketahui selama menginap di sebuah hotel.

Harga-harga dari semua item bersumber dariĀ  hotel yang sama, bila memungkinkan, sebelum harga rata-rata dikalkulasikan. Harga-harga tersebut sudah termasuk pajak penjualan dan harga pelayanan, sesuai harga yang berlaku. (nha)