5 Negara dengan Penduduk Paling Jarang

179

Ingatkah Anda ketika masih duduk di bangku SMA, ada mata pelajaran geografi. Salah satu mata pelajaran yang mempelajari bumi kita ini terdapat  pembahasan mengenai kepadatan penduduk. Suatu negara pasti tidak terlepas dengan adanya orang – orang yang menempati wilayah tersebut. Nah, orang – orang yang menempati wilayah tersebut dikenal dengan istilah penduduk dalam ilmu geografi. Dan banyaknya penduduk dalam suatu areal wilayah disebut dengan kepadatan penduduk.

Tahukah Anda seberapa padat Indonesia, negara kita tercinta ini? Ternyata, Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki tingkat kepadatan lumayan tinggi di dunia. Indonesia sendiri menunjukkan angka sebesar 126 jiwa / km2. Sedangkan wilayah terpadat di dunia adalah Makau dengan populasi sebanyak 17.684 jiwa / km2. Wow…

Namun kali ini kita akan membahas negara – negara dengan tingkat kepadatan penduduk yang rendah di dunia. Umumnya kepadatannya hanya 2 jiwa / km2. Yuk, kita lihat 5 wilayah yang jarang ditempati orang di dunia ini.

5. Mauritania

Mauritania

Mauritania

Kepadatan penduduk : 3 jiwa/km2.

Republik Islam Mauritania adalah sebuah negara yang terletak di barat laut Benua Afrika. Negara ini berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah barat, Senegal di sebelah barat daya, dan Mali di sebelah timur dan tenggara, Aljazair di timur laut, dan Maroko di barat laut. Dengan luas wilayah hampir menyerupai Negara Mesir atau Ontario, Mauritania hanya ditempati oleh 3 juta orang saja.

4. Islandia

Islandia

Islandia

Kepadatan penduduk : 3 jiwa/km2

Negara Republik Islandia adalah sebuah negara berbentuk pulau yang terletak di Eropa Utara. Pulau Islandia ini mengapung di Samudra Atlantik dan berada diapit oleh daratan Eropa dan Greenland. Luasnya hampir mirip dengan negara bagian Kentucky atau daerah bekas Jerman Timur. Pulau ini hanya dihuni oleh 300.000 penduduk. Di pulau ini terdapat banyak geyser.

3. Suriname

Suriname

Suriname

Kepadatan penduduk : 2,7 jiwa/km2

Republik Suriname adalah sebuah negara yang terletak di bagian utara dari negara Amerika Selatan. Suriname sendiri berbatasan dengan Guyana di sebelah barat, Brazil di daerah selatan, Prancis di sebelah timurnya dan Samudra Atlantik di sebelah utara. Luasnya hampir seukuran dengan Wisconsin Tunisia. Wilayah ini ditempati oleh 450.000 jiwa dengan beragam bahasa yang dimiliki.

2. Australia

Australia

Australia

Kepadatan penduduk : 2,6 jiwa/km2

Australia adalah negara persemakmuran Inggris. Negara Persemakmuran Australia ini sebenarnya adalah sebuah pulau benua. Pulau benua Australia ini mengapung diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Benua Australia ini memiliki ukuran yang hampir mendekati luas Amerika Serikat yang memiliki 48 negara bagian yang berdekatan. Luasnya pun mencapai hampir 2 kali dari luas Uni Eropa. Namun, benua Australia sendiri hanya dihuni oleh 21 juta orang. Di daratan Australia terdapat ular yang paling berbisa di dunia. Sekitar 2/3 penduduknya tinggal di 5 kota besar dari Australia, dan semuanya berada di pantai. Tentu saja tidak banyak ular yang dapat ditemui di daerah pantai.

1. Namibia

Namibia

Namibia

Kepadatan penduduk : 2,5 jiwa/km2

Republik Namibia adalah sebuah negara yang terletak di sebelah barat Benua Afrika. Namibia sendiri berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah baratnya, lalu dengan Afrika Selatan di sebelah selatan, Botswana di sebelah timurnya dan Angola yang terletak di sebelah utara. Namibia memiliki luas seperti Ontario atau Pakistan. Dan yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah sebagian besar dari 2 juta penduduk yang menghuni Namibia mengidap penyakit HIV / AIDS.(top5s.net/rei)