Umumnya, kuburan pasti berada di atas tanah dengan jasad yang dimasukkan ke dalam lubang lahat. Namun ada yang tak biasa di Filipina, tepatnya di Pulau Camiguin. Pasalnya, kuburan di sana dibuat tenggelam di bawah laut.

Camiguin adalah sebuah provinsi pulau di Filipina yang berlokasi di Laut Bohol. Kira-kira letaknya sekitar 10 km dari lepas pantai utara Mindanao. Sepintas, pulau ini tak jauh berbeda dengan pulau lainnya. Tapi coba lihat ke lepas pantainya. Sebuah pulau kecil dengan salib besar berdiri tegak.

Dikutip dari Camiguin, Rabu (9/4/2014), kuburan itu bernama The Sunken Cemetery atau kuburan tenggelam. Usut boleh usut, ternyata pemakaman tenggelam ini sengaja dibuat oleh pemerintah provinsi. Tujuannya untuk menghormati para korban letusan gunung vulkanik pada tahun 1871.

Tak sekadar menjadi pemakaman, kini The Sunken Cemetery juga dijadikan lokasi wisata. Jika berangkat dari Mindanao, turis bisa menuju Balingona untuk naik ferry menuju Benoni Wharf, Camiguin. Waktu tempuh biasanya sekitar satu jam perjalanan.

Sebuah salib besar sebagai tanda pemakaman yang tenang tersuguh di hadapan. Di sekitar salib besar terdapat pagar yang bisa dijadikan tempat turis memandang ke laut lepas. Kuburan di sini terendam air laut yang sedang pasang. Jika datang ketika air surut, Anda baru bisa melihat ada batu nisan bermunculan di sekitar salib. (nha)