Seberapa besarkah cinta Anda akan tanah air Indonesia? Apakah Anda rela berkorban dan melakukan segala upaya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia? Cobalah untuk bertanya pada diri Anda sendiri dan mencontoh dari para pahlawan kemerdekaan kita yang telah berjuang untuk membuat Indonesia menjadi negara merdeka.

Masyarakat jaman sekarang nampaknya sudah mulai melupakan nilai â?? nilai berharga dalam kehidupan. Seperti nilai kebersamaan, cinta tanah air, jiwa patriotisme dan sebagainya. Dewasa ini, kita lebih mementingkan kepentingan kita sendiri. Cobalah untuk menonton film â?? film berikut yang dapat membangkitkan jiwa patriotisme Anda serta mengingatkan Anda kembali mengenai nilai â?? nilai berharga dalam kehidupan. Berikut adalah ulasannya:

5. Red Dawn

Red Dawn
Red Dawn

â??Red Dawnâ? adalah sebuah film yang menampilkan semangat patriotik sekelompok anak muda Amerika. Anda akan tersentuh bila melihat semangat jiwa patriotis sekelompok anak muda Amerika ini. Hanya berbekal tekad, keberanian, dan kemampuan serta kecerdasan saja, anak muda ini dikisahkan mempertahankan negara Amerika dari serangan pasukan Uni Soviet dan sekutunya. Sayangnya, film ini sedikit tidak masuk akal.

Karena bagaimana mungkin sekelompok anak muda dari kota kecil dapat melawan dan mengusir pasukan elit dari berbagai negara yang menjadi musuh Amerika. Versi pertama film ini dibuat pada tahun 1984. Kemudian film ini dibuat ulang pada tahun 2010. Perbedaan dari versi pertama dengan versi kedua film ini adalah dari pihak musuh. Bila pada versi pertama musuh mereka adalah Uni Soviet, pada versi kedua musuh mereka adalah Korea Utara. Walaupun sedikit tidak masuk akal, namun film ini bukanlah film yang buruk untuk ditonton. â??Red Dawnâ? dapat membuat Anda terharu dengan sentuhan sisi patriotis sekelompok anak muda ini.

4. 300

300
300

300 adalah film yang menceritakan mengenai detik â?? detik terakhir Raja Sparta, Leonidas beserta 300 prajuritnya yang gagah berani dalam Pertempuran Thermopylae pada tahun 480 SM. Dengan jumlah yang sedikit, mereka harus menghadapi pasukan Persia yang jumlahnya sangat banyak di bawah pimpinan Kaisar Xerxes. Film ini sendiri diangkat dari novel karya Frank Miller. Selain menampilkan pertempuran yang ganas dengan efek visual yang keren, film ini pun menampilkan nilai â?? nilai berharga dalam kehidupan. Seperti jiwa patriotis, pengorbanan dan sikap kepahlawanan pasukan ini serta kebersamaan mereka untuk bersatu melawan musuh.

3. Air Force One

Air Force One
Air Force One

Biasanya seorang presiden sering mendapat bantuan dari anak buahnya. Namun di dalam film â??Air Force Oneâ? ini, sang presiden yang diperankan oleh Harrison Ford harus menghadapinya sendiri karena situasi dan berbagai kendala yang dialami anak buahnya. Sang Presiden mengalami pembajakan di dalam pesawat yang ditumpanginya. Rupanya, pesawatnya dibajak oleh pihak Uni Soviet. Film ini menampilkan sosok sang presiden yang harus mengambil keputusan dan bertindak sebagai kepala negara untuk membela kehormatan negaranya sekaligus juga sebagai kepala keluarga yang harus melindungi keluarganya.

2. Letters from Iwo Jima (Surat dari Iwo Jima )

Letters from Iwo Jima
Letters from Iwo Jima

Bila melihat posternya, mungkin Anda berpikir bahwa film ini adalah sebuah film tua. Namun sebenarnya, film ini diproduksi pada tahun 2006 dan disutradarai oleh Clint Eastwood. Dan uniknya lagi, walaupun film ini adalah film produksi Hollywood (Amerika) tapi film ini memakai bahasa Jepang secara penuh loh. Jadi, film ini menceritakan mengenai perang Amerika dari perspektif musuh, yaitu Jepang. Film â??Letters from Iwo Jimaâ? ini menggambarkan sisi â?? sisi kemanusiaan dari pihak musuh (Jepang). Ternyata, tentara â?? tentara Jepang juga sama baik dan sama buruk nya dengan tentara AS. Film ini juga banyak menggambarkan perasaan â?? perasaan manusiawi para tentara Jepang. Seperti rasa takut, rasa rindu dengan rumah dan keluarga, rasa berani, pantang menyerah, setia kawan dan patriotisme.

1. Independence Day (Hari Kemerdekaan)

Independence Day
Independence Day

Film â??Independence Dayâ? menceritakan mengenai serbuan makhluk luar angkasa di hari kemerdekaan Amerika. Will Smith yang berperan sebagai seorang marinir berusaha untuk memimpin dunia agar bersatu mengalahkan para alien yang ingin menduduki bumi ini. Di sini, Anda akan melihat bagaimana para warga Amerika mengesampingkan perbedaan mereka untuk bersatu melawan sebuah kekuatan besar, yaitu makhluk luar angkasa dalam waktu kurang dari 6 jam. Film ini ingin menunjukkan perihal nilai kehidupan yang berharga dan penting namun sering dilihat sebelah mata oleh kita.(Top5net/rei)