Facebook mungkin sudah menjadi bagian hidup kita, apalagi di zaman sekarang ini. Namun tahukah Anda bahwa seseorang, khususnya wanita yang menghabiskan banyak waktu bermain Facebook cenderung memiliki rasa tidak puas yang berlebih terhadap bentuk dan tampilan tubuhnya sendiri?

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu (12/4/2014), perempuan di usia akhir remaja atau yang awal usia 20 tahunan sering membanding-bandingkan bentuk tubuhnya dengan teman-temannya ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu mereka di sosial media, terutama Facebook. Akibatnya, ia semakin tidak mempedulikan asupan makanan yang dikonsumsinya dan berat badannya bukannya semakin turun tetapi malah semakin naik.

Petya Eckler dari University of Strathclyde menyebutkan bahwa meskipun waktu yang dihabiskan untuk bermain Facebook tidak ada kaitannya dengan gangguan makan tetapi ada kemungkinan bisa mempengaruhi rasa kepuasan atau ketidakpuasan terhadap bentuk tubuh yang mereka miliki. Para ahli juga menyebutkan bahwa rasa tidak puas dengan bentuk atau tampilan tubuh pada akhirnya akan mempengaruhi pola dan kebiasaan makan.

Dokter Eckler menambahkan, “Perhatian terhadap hal-hal fisik bisa jadi lebih berbahaya di sosial media daripada di media tradisional karena orang-orang yang ada di sosial media adalah orang-orang yang kita tahu.” Karena itu, mulai sekarang, pegunakanlah sosial media dengan bijak. (tom)