Lezatnya Bubur Tinutuan Asal Manado

Anda mungkin sudah sering memakan bubur ayam atau bubur sumsum. Bagaimana dengan bubur Tinutuan? Jika belum pernah mencobanya, maka Anda harus coba makanan ini.

Bubur Tinutuan atau Bubur Manado merupakan makanan khas Manado, yang penampilannya bisa dibilang cukup acak-acakan atau semrawut. Meski demikian, rasanya tidak bisa diremehkan.

Dilansir dari situs Indonesia Travel, Senin (14/4/2014), hal yang menjadikannya berbeda dari bubur ayam biasa adalah pada warnanya agak kekuningan dan tampak sayur-sayuran yang tercampur aduk. Nama Tinutuan sendiri dalam bahasa Manado yang berarti semrawut atau campur aduk. Hal ini dikarenakan tampilan fisik bubur dan cara pengolahannya dimana semua bahan dari beragam sayuran dicampur menjadi satu.

Jenis sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan bubur ini adalah labu kuning, ubi kuning, singkong, daun melinjo, kangkung, jagung, bayam, kemangi, gedi (sayuran khas Manado), dan lainnya. Adapun bumbu-bumbu yang dicampurkan di dalamnya adalah bawang putih, batang serai yang dimemarkan, daun salam, jahe, garam, dan lainnya.

Seporsi bubur tinutuan saat sarapan dipercaya akan memenuhi kebutuhan nutrisi Anda seharian. Itu karena makanan ini kaya nutrisi dari beragam sayuran. Untuk harga, seporsi bubur ini tergolong murah, yaitu mulai dari Rp 9000,-. Dengan harga segitu, Anda bisa mendapatkan energi untuk bekerja seharian. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Pantai Pandawa, Pantai Alternatif Selain Kuta

Selfie Tanda Anda Tak Percaya Diri