Don't be Captious

Musik Bisa Bikin Sehat dan Bahagia

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Musik sudah menjadi bagian yang terpisahkan dari kehidupan setiap orang . Namun tahukah Anda bahwa hidup bisa membuat seseorang bisa jauh lebih sehat dan bahagia? Berikut lima cara yang bisa kita lakukan dengan musik yang bisa membuat kita menjadi lebih bahagia dan sehat, dilansir dari besthealthmag.ca, Selasa (15/4/2014).

1. Gunakan Musik Sebagai Teman Olahraga

Orang bisa mudah bosan dan kehilangan semangat saat berolahraga. Salah satu cara agar bisa tetap bersemangat saat berolahraga adalah dengan menggunakan musik. Musik yang memiliki beat cepat biasanya akan semakin memompa semangat Anda untuk berolahraga tanpa ada beban.

2. Musik Sebagai Pengantar Tidur

Amy Clements-Cortes seorang peneliti dan terapis musik dari Kanada menjelaskan bahwa musik yang lembut dan menenangkan bisa membuat kita tidur lebih nyenyak di malam hari. Selain itu, tampaknya sudah menjadi sebuah tren di mana orang-orang menggunakan musik untuk bisa tidur dengan lebih nyenyak.

3. Musik Bisa Menghilangkan Stres

Sebuah ulasan yang diterbitkan di Trends in Cognitive Sciences pada tahun 2013 menunjukkan bahwa mendengarkan musi bisa mengurangi rasa stres atau tertekan. Jika suasana hati Anda tiba-tiba tidak enak atau merasa tidak nyaman, Anda bisa mendengarkan musik klasik atau musik jazz.

4. Musik untuk Jantung Sehat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Swedia yang dipublikasikan di Frontiers of Psychology pada tahun 2013 menunjukkan bahwa ketika orang bernyanyi bersama dalam sebuah paduan suara, detak jantung mereka berdetak bersama-sama. Bernyanyi bersama bisa mengirimkan gelombang-gelombang yang menenangkan. Efeknya dikatakan sama dengan melakukan yoga. Dan, hasilnya fungsi jantung bisa dijaga dengan lebih baik.

5. Musik Bisa Menciptakan Emosi Positif

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien dengan penyakit arteri koroner, fungsi endotelnya bisa meningkat–yang merupakan hal terpenting dalam kesehatan jantung, hanya dengan mendengarkan lagu atau musik favorit. Karena itu sangat disarankan untuk memilih jenis musik yang bisa membuat bahagia dan memberikan energi positif. (tom)

Latest article