Pakaian dalam sama pentingnya dengan pakaian biasa bagi wanita. Meski demikian, ternyata erawat pakaian dalam tidak sama dengan merawat pakaian biasa. Berikut 5 tips untuk merawat pakaian dalam agar awet, dilansir dari Teruskan, Kamis (17/4/2014).

1. Pisahkan pakaian dalam saat mencuci

Ketika Anda mencuci pakaian, sebaiknya pisahkan antara pakaian dalam dengan pakaian biasa, karena pakaian dalam tidak seberat pakaian biasa ketika dicuci.

2. Pisahkan bra dengan kawat dan talinya

Umumnya bra memiliki celah untuk mengeluarkan kawatnya. Sebaiknya pisahkan kawatnya agar bra Anda lebih awet. Jika tidak bisa dipisahkan, rendam bra Anda dengan air hangat sebelum dicuci, lalu keringkan sampai benar-benar kering agar tidak terlalu lama basah ketika dijemur.

3. Kucek pakaian dalam dengan pelan

Pakaian dalam sebaiknya tidak dikucek dengan keras, dan sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Rendam terlebih dulu pakaian dalam selama kurang lebih 30 menit untuk menghilangkan bakteri, baru kemudian diperas secara perlahan. Pakaian dalam juga tidak perlu disikat dengan sikat cuci, cukup gunakan sikat gigi pada bagian yang bernoda.

4. Jangan disetrika

Sangat disarankan untuk tidak menyetrika pakaian dalam untuk menghindari karet atau bagian lainnya terkena panas berlebih yang bisa menyebabkan kerusakan.

5. Simpan dengan rapi

Pisahkan antara bra dan celana dalam. Anda cukup menumpuk bra Anda, tidak perlu dilipat, sehingga cup di atas bisa menutupi cup di bawahnya. Untuk celana dalam, sebaiknya digulung saja dan letakkan di satu lemari. (tom)