Tian Bu La, Tempura Lezat dari Taiwan

Berlibur ke Taiwan tidak akan lengkap jika tidak mencoba makanan khasnya. Salah satu makanan yang cukup terkenal di Taiwan adalah Tian bu la.

Tian bu la adalah makanan yang terbuat dari ikan, yang di sini kita kenal dengan nama tempura. Dilansir dari Merdeka, Jumat (18/4/2014), bahan paling penting dari sajian tradisional Taiwan tersebut adalah pasta ikan dan ketumbar.

Pertama, pasta ikan dimasukkan ke dalam mangkuk besar dan ditambahkan bumbu, seperti jahe, cabai, minyak wijen, dan tepung maizena. Kemudian pata ikan tersebut diuleni hingga bumbu dan ikan tercampur merata. Proses terakhir adalah menggoreng tian bu la mentah yang sudah dibumbui itu.

Mungkin Anda masih belum mengerti apa itu pasta ikan. Pasta ikan mengacu pada daging ikan yang telah melalui proses fermentasi hingga bentuknya mencapai konsistensi lembut seperti pasta. Atau, mengacu pada cara memasak ikan yang terlebih dulu dipotong, digiling, dan/atau disaring hingga mencapai konsistensi pasta.

Tian bu la bisa Anda santap bersama saus tomat dan kecap. Meskipun asal-usul tempura berasal dari Jepang, tempura khas Taiwan ini tetap punya rasa yang berbeda dan tentunya sangat lezat untuk dicicipi. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Menstruasi Membuat Wanita Jadi Bodoh?

Mencicipi Lezatnya Burger Mi