Saat menstruasi, apakah Anda sering mengalami rasa nyeri di bagian perut atau punggung? Rasa nyeri itu tidak hanya memberi dampak pada ketidaknyamanan, karena faktanya, rasa nyeri di masa menstruasi bisa membuat wanita kehilangan konsentrasi dan kemampuan kognitif.

Para peneliti di Inggris dari University of Bath menemukan bahwa wanita yang diberi tugas berbasis komputer di masa menstruasi tampil kurang baik. Dibandingkan hari-hari biasa, wanita yang sedang mengalami menstruasi cenderung mengalami penurunan konsentrasi dan kemampuan berpikir.

“Penelitian kami menemukan bahwa rasa sakit selama berhari-hari, yang banyak dialami oleh wanita setiap bulan, ternyata berpengaruh pada kemampuan mereka melakukan berbagai tugas kompleks,” ujar Dr Ed Keogh, kepala penelitian,┬áseperti dilansir dailymail.co.uk, Jumat (18/4/2014).

Berdasarkan data yang diperoleh, 15% dari seluruh wanita mengalami rasa nyeri, mual dan kram dalam kategori parah selama menstruasi. Sementara itu, 40 persen wanita lain mengalami rasa sakit ini tetapi masih kategori wajar.

Oleh sebab itulah, bisa dikatakan bahwa kemampuan wanita menyelesaikan tugas akan berkurang saat dia berada di masa menstruasi. Penyebabnya adalah nyeri yang membuat konsentrasi wanita terpecah. (nha)