Jeff Henderson

Apa yang ada dipikiran JBers tentang masakan bintang lima? Tentu itu adalah sajian yang menggugah selera dan siapapun pasti ingin memakannya. Beberapa orang bahkan berlomba untuk makan ditempat semewah mungkin untuk menaikkan gengsi mereka. Namun apa tanggapan JBers jika koki bintang lima yang masakannya anda makan ternyata adalah seorang narapidana?

Pria ini bernama Jeff Henderson, seorang mantan pengedar narkoba terbesar di tahun 1980an. Penghasilannya sebagai pengedar narkoba sangat fantastis. Ia bahkan mengantongi sekitar 35 ribu dollar setiap minggunya! Jeff akhirnya tertangkap dan dipenjara pada tahun1988 selama lebih dari satu dekade.

Awalnya Jeff tidak tertarik sama sekali menjadi seorang Chef. Namun seseorang di penjara menggugah hatinya, rekannya tersebut mengatakan â??Jeff, you are the smart guy. When you were on the street, you had all the traits of success and all the principles of a legitimate businessman. You just had a bad productâ? (Jeff, kau adalah orang yang cerdas. Saat kau bebas nanti kamu punya modal untuk menjadi seorang pengusaha, saat ini kamu hanya menjual barang yang jelek) ucapan tersebut menggugah nurani Jeff dan ia bertekad menjadi orang yang lebih baik saat bebas nanti.

Keluar dari penjara, ia dipercaya untuk bekerja disebuah restoran yang dikelola seorang koki bernama Robert Gadsby. Saat itulah kecintaannya terhadap dunia masak memasak dan kuliner tumbuh. Perlahan namun pasti, karir Jeff sebagai seorang koki berkembang sampai puncaknya ia mendapatkan penghargaan sebagai koki kulit hitam pertama yang mendapat gelar Chef de Cuisineâ? di Caesars Palace. Selanjutnya ia banyak mengelola restoran dan menjabat sebagai Executive Chef disana.

Untuk menginspirasi banyak orang, ia membuat sebuah buku dan menjadi buku terlaris di Amerika. Berkat bukunya, Jeff ditawari acara masak memasak di televisi serta diundang ke berbagai acara Talkshow salah satunya adalah The Oprah Winfrey Show. Jeff mengaku, profesi lamanya sebagai pengedar narkoba membuatnya banyak belajar mengelola sebuah perusahaan. Ia berkata, sebagai ketua geng ia belajar berkomunikasi dan bagaimana meyakinkan orang dengan produk yang dijualnya. Kini, kisah inspiratif Jeff konon akan diangkat dalam sebuah layar lebar dan diproduseri oleh aktor Will Smith. (Huffingtonpost/rei)