Film romantis adalah film yang bertemakan perjalanan sebuah kisah cinta yang direkam dalam bentuk visual yang dipublikasikan dengan tujuan komersial. Kisah hidup yang berkaitan dengan cinta atau kisah mencari cinta akan menemui berbagai hambatan sampai berakhir bahagia atau bisa berakhir dengan tragis.

Dengan kisah cinta yang mengharukan, sebuah film romantis bisa memainkan emosi penontonnya. Bahkan, film romantis selalu membuat penontonnya mengeluarkan air mata ketika menontonnya. Berikut 5 film romantis Indonesia terbaik.

1. Ada Apa Dengan Cinta

Ada Apa Dengan Cinta
Ada Apa Dengan Cinta

Ada Apa Dengan Cinta adalah film terlaris yang ditonton oleh lebih dari 2.5 juta orang pada tahun 2002. Film ini bercerita tentang kisah cint antara gadis bernama Cinta (Dian Sastrowardoyo) dengan Rangga (Nicholas Saputra) yang terjadi ketika mereka masih mengenakan seragam putih abu-abu.

2. Heart

Heart
Heart

Heart bekisah tentang cinta segitiga antara Farel (Irwansyah), Rachel (Nirina Zubir) dan Luna (Acha Septriasa). Farel mulai menunjukkan ciri-ciri jatuh cinta kepada Luna. namun Luna merasa hal tersebut percuma karena hidupnya akan berakhir karena penyakit sirosis yang idapnyai. Di saat Rachel yang selama ini bersahabat dengan Farel, memendam cinta pada Farel namun tak bisa mengungkapkan cinta pada sahabatnya.

3. Hari Untuk Amanda

Hari Untuk Amanda
Hari Untuk Amanda

Menjelang pernikahannya yang tinggal 10 hari lagi, Amanda (Fanny Fabriana) malah didekati mantan pacarnya, Hari (Oka Antara). Dody (Reza Rahadian) calon suaminya yang selalu sibuk mengurusi pekerjaan, membuat kedekatan mereka terjalin kembali. Hal tersebut menimbulkan keraguan Amanda pada pilihannya untuk menikah. Namun pada akhirnya ia tetap memilih, untuk menjalani pernikahan atau bersama kembali dengan cinta lamanya.

4. Ayat-ayat Cinta

Ayat-ayat Cinta
Ayat-ayat Cinta

Film romantis indonesia yang dibalut nuansa islami mengisahkan sosok Fahri (Fedi Nuril), mahasiswa Indonesia di Kairo Mesir yang menemukan persoalan yang berat ketika memilih wanita yang akan dinikahinya. Kisah cinta segitiga yang dijalaninya dengan Maria (Carissa Putri) dan Aisha (Rianti Cartwright) yang mengharukan dan gangguan oleh fitnah Nurul (zaskia Adya Meca). Menggambarkan kisah cinta agung bernafaskan islam untuk mendapatkan Ridho-Nya.

5. Habibi dan Ainun

Habibi Ainun
Habibi Ainun

Cerita yang diangkat dari buku yang berjudul sama ini bercerita tentang kisah cinta yang menemukan belahan jiwa antara Habibi (Reza Hardiyan) dan Ainun (Bunga Citra Lestari). Menjalani kehidupan di luar negeri di bawah guncangan politik negara yang mengantarkan Habibi menjadi Presiden ketiga Indonesia. Kemudian perjalanan cintanya harus mempunyai batas karena meninggalnya Ainun, namun keabadian cinta akan terus ada dengan kesetiaan Habibi dengan cinta sejati yang tulus selamanya. (nha)