Demam Korea tidak hanya dari boyband/girlband atau fashion saja, namun juga dari makanannya. Terbukti kini banyak yang menggemari makanan asal negeri ginseng tersebut, salah satunya adalah Baekseolgi.

Baekseolgi adalah jenis kue tart tradisional khas asal Korea Selatan. Kue ini selain disajikan dalam perayaan, juga dapat dinikmati sebagai cemilan saat minum teh dan kopi. Selain rasanya yang gurih dan manis, kudapan ini cukup digemari karena dapat dibuat dengan berbagai macam bentuk yang lucu dan cantik.

Dilansir Yahoo, Senin (21/4/2014), kue ini merupakan salah satu kue beras yang paling mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan dan waktu. Bahan untuk membuatnya hanya tepung beras dan gula pasir. Bila ingin membuat baekseolgi yang berwarna-warni, cukup dengan menambah air, bubuk kakao serta bubuk ceri sebagai pewarna alami. Baekseolgi kemudian dicetak dengan bentuk-bentuk cantik seperti bentuk hati atau bentuk bunga dan dihias dengan biji buah delima dan kenari sebagai pemanis.

Baekseolgi sendiri berarti putih dan salju. Dilihat dari tampilannya kue beras jenis ini memang mirip dengan tumpukan salju. Selain disajikan sebagai kudapan untuk menemani minum teh, baekseolgi juga dihidangkan pada istimewa dan juga digunakan sebagai sesajen. Dalam perayaan 100 hari kelahiran seorang bayi, maka keluarga tersebut harus membagikan baekseolgi untuk 100 orang.

Bila Anda merupakan penggemar Korea Selatan sejati, maka Anda harus terbiasa dengan kudapan yang satu ini, paling tidak pernah memakannya. (tom)