Di Indonesia kini sedang mewabah demam grup idol JKT48. Di Jepang, grup seperti ini memang sedang menjamur dan bermacam-macam. Konsep yang ditawarkan juga ada beberapa yang unik. Siapa saja mereka?

AKB48
AKB48

Saat ini, di Jepang, banyak idol-idol bermunculan, sehingga disebut pula Idol Sengoku Jidai (Perang Idol). Sengoku Jidai atau Era Sengoku sendiri adalah masa di mana Jepang sedang mengalami masa perang luar biasa untuk memperebutkan wilayah. Kini perang itu digantikan oleh idol, untuk mendapatkan gelar idol terpopuler di Jepang.

Morning Musume 14
Morning Musume 14

Beberapa idol yang sudah terkenal antara lain adalah AKB48, Morning Musume, atau Momorio Clover Z. Sebagaimana diketahui, AKB48 merupakan grup idol terbesar di Jepang dan telah mendapat gelar idol nasional Jepang. Grup buatan Yasushi Akimoto ini telah membuka cabangnya di beberapa daerah di Jepang, seperti SKE48 di Sakae, Nagoya, NMB48 di Namba, Osaka, dan HKT48 di Hakata, Fukuoka. Untuk di luar Jepang ada dua, yaitu JKT48 di Jakarta, Indonesia dan SNH48 di Shanghai, Tiongkok.

Momoiro Clover Z
Momoiro Clover Z

Yang berikutnya ada Morning Musume. Sebenarnya Morning Musume buatan Tsunku (personel band Sharam Q) ini sudah hadir lebih dulu dibandingkan AKB48, hanya saja kini tampak seperti kalah pamor dibandingkan dengan AKB48. Lalu ada Momoiro Clover Z, yang menggunakan konsep kostum warna-warninya bagaikan warna Power Rangers.

Passpo
Passpo
Sakura Gakuin
Sakura Gakuin

Selain yang telah disebutkan di atas, ada juga beberapa idol yang menggunakan konsep cukup unik, seperti Passpo, yang menggunakan konsep pramugari, atau Sakura Gakuin yang membernya diharuskan masih duduk di bangku SMP. Sebenarnya masih banyak lagi grup idol yang lainnya, dari yang personelnya 3-5 orang, hingga yang personelnya cukup banyak. Yang pasti grup idol itu harus berusaha merebut hati penggemarnya agar bisa mendapat gelar idol terbaik di Jepang. (tom)