Selama ini, kita hanya mengenal dua jenis kelamin di dunia yakni pria dan wanita. Namun sebuah survei yang dilakukan Sydney University menunjukkan fakta yang mengejutkan.

Ternyata, setidaknya ada 57 kemungkinan jenis kelamin di dunia. Survei soal jenis kelamin itu dilakukan menyusul putusan kontroversial Pengadilan Tinggi Australia. Norrie, seorang warga transgender, diklasifikasikan sebagai â??bukan pria dan bukan wanitaâ?.

Hasil survei kemudian dipublikasikan dalam surat kabar Honi Soit, yang dimiliki Sydney University. Dilansir Telegraph, Kamis (24/4/2014), berikut beberapa pilihan jenis kelamin yang muncul.

– Tidak sesuai jenis kelamin; perilaku yang bertentangan dengan jenis kelaminnya
– Jenis kelamin ganda; diidentifikasikan sebagai pria dan wanita dalam waktu yang berbeda
– Interseks; lahir dengan anatomi seksual pria dan wanita
– Jenis kelamin cair; menampilkan perilaku pria dan wanita dalam waktu berbeda
– Transmaskulin; wanita yang punya beberapa karakteristik pria tapi tidak sepenuhnya laki-laki
– Pangender; semua jenis kelamin
– Neutrois; tidak memiliki jenis kelamin
– Dua jiwa; punya karakter pria dan wanita sekaligus

Editor Honi Soit menjelaskan, survei dibuat sedekat mungkin dengan pembaca. â??Kami sengaja memberi pilihan jenis kelamin yang tidak lugas antara pria atau wanita, agar dekat dengan semua,â? katanya.

Kebetulan, salah satu penyusun opsi jenis kelamin pada survei adalah seorang transgender. Ia merasa dirugikan karena selalu terjebak pada pilihan jenis kelamin lugas, antara pria atau wanita.

Hasil survei yang begitu kontroversial, mendapat banyak respons negatif. Beberapa beranggapan itu sekadar lelucon. (nha)