Seperti diketahui, kuliner Prancis sangat terkenal lantaran rasanya yang kaya dan penyajiannya yang indah. Makanan dari negara ini dianggap salah satu khasanah kuliner kontinental yang paling lezat.

Oleh sebab itu, di berbagai negara menjamur restoran-restoran yang menyajikan masakan Prancis. Namun, negara negara ini juga menyimpan warisan kuliner ekstrem.

Ada beberapa makanan Prancis yang cukup unik hingga mungkin hanya disukai oleh para pecinta kuliner ekstrem. Dilansir Merdeka.com, berikut 5 kuliner ekstrem ala Prancis.

1. Canard a la Rouennaise

Canard a la Rouennaise
Canard a la Rouennaise

Secara harfiah makanan ini artinya bebek dalam saus darah. Cara pembuatan masakan ini cukup mudah. Seekor bebek dipanggang hingga setengah matang, kemudian dagingnya diiris dan disajikan di atas piring. Tubuh bebek yang tersisa tadi kemudian diletakkan di alat pres kemudian diperas hingga semua darah dan cairan tubuhnya keluar. Jadilah saus darah yang kental. Kemudian saus tadi disiramkan ke daging bebek yang sudah disiapkan.

2. Cuisses de grenouille

Cuisses de grenouille
Cuisses de grenouille

Tak hanya China yang punya masakan dari kaki kodok, warga Prancis pun ternyata cukup suka menyantapnya. Di Prancis kaki kodok disebut Cuisses de grenouille. Makanan ini populer dalam kuliner Cajun. Biasanya disajikan dengan cara digoreng. Kemudian disajikan dengan saus atau dengan taburan rempah daun.

3. Tete de Veau

Tete de Veau
Tete de Veau

Tete de Veau dalam bahasa Indonesia berarti kepala anak sapi. Hidangan ini memang dibuat dari kepala anak sapi utuh. Kepala sapi yang sudah dibersihkan direbus dengan rempah-rempah hingga lunak. Begitu sudah matang diiris-iris seukuran satu suapan kemudian disajikan dengan hidangan pelengkap berupa setup sayuran dan saus. Biasanya disajikan bersama roti Prancis. Tekstur daging anak sapi yang disajikan lembut dan sedikit kenyal dengan warna putih, seperti jelly.

4. Escargot

Escargot
Escargot

Escargot adalah makanan yang terbuat dari sejenis siput yang dimasak bersama saus kehijauan. Sebelum dimasak, cangkang siput biasanya diisi dengan rempah dan mentega terlebih dahulu. Hidangan ini biasa disajikan sebagai makanan pembuka di restoran-restoran Prancis. Biasanya disertai dengan roti yang bisa digunakan untuk memakan sisa saus di piring.

5. Boudin Noir

Boudin Noir
Boudin Noir

Boudin Noir artinya sosis hitam. Makanan ini adalah salah satu varian sosis darah atau puding hitam khas Prancis. Terbuat dari cincangan daging babi dan darah babi yang dimasak hingga kering dan berubah warna menjadi hitam. Boudin noir Biasanya disajikan dengan potongan kentang, bawang bombay, dan irisan apel. (nha)