Umumnya lift pada sebuah bangunan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menuju lantai di atas lantai satu. Kini, sebuah gedung pencakar langit di Guangzhou, Tiongkok Selatan, akan dibuat lift dengan kecepatan luar biasa, yang dibangun oleh perusahaan asal Jepang.

Lift tersebut dibuat oleh Hitachi, dan diklaim sebagai lift tercepat di dunia dengan kecepatan 72 km/jam. Dilansir dari WowKeren, Minggu (27/4/2014), dengan lift super cepat tersebut, waktu untuk mencapai lantai 95 dari lantai dasar hanya 43 detik. Hitachi mengungkapkan bahwa pembangunan lift tersebut dijadwalkan selesai pada 2016.

Hitachi juga menjanjikan kenyamanan saat menaiki lift kecepatan tinggi tersebut. Ahli teknologi lift, Dr. Gina Barney, mengatakan bahwa memastikan kenyamanan penumpang lift adalah tantangan besar bagi lift kecepatan tinggi. Karena dengan menaiki lift cepat dengan jarak cukup tinggi, akan berpengaruh pada telinga.

Rekor lift tercepat saat ini dipegang oleh Taiwan, kecepatannya dari lantai 5 hingga lantai 89 hanya 37 detik. Selain itu Dubai memiliki lift yang mampu membawa penumpangnya dengan kecepatan 600 m per menit di dalam Burj Khalifa. Tidak mau kalah, Jepang juga memiliki lift yang mampu menaikkan penumpang liftnya dengan kecepatan 750 m per menit dalam gedung The Yokohama Landmark Tower. (tom)