Terkadang, film pendek dipandang sebelah mata hanya karena penyajiannya yang lebih sederhana dibanding film panjang. Tapi tahukah Anda? Beberapa film pendek digarap dengan teknik penggarapan yang sama rumitnya dengan film panjang.

Selain itu, beberapa di antaranya digarap dengan konsep yang sangat menakjubkan serta menghibur. Dibawah ini adalah 5 film pendek yang digarap dengan konsep matang dan out of the box, seperti dilansir Kapanlagi.

1. Kisah sebuah scanner

Kisah sebuah scanner
Kisah sebuah scanner

Memoirs of a Scanner yang disutradarai Damon Sea ini digarap dari satu angle saja. Dari sini, Anda bisa melihat “kisah hidup” sebuah scanner yang setiap hari memindai berbagai dokumen. Yang menarik ternyata scanner tersebut juga memindai makanan, orang bercinta, bahkan pembunuhan. Durasinya hanya satu menit akan tetapi cerita yang disajikan sangat apik.

2. Menelusur jejak gadis misterius

Menelusur jejak gadis misterius
Menelusur jejak gadis misterius

Film pendek berjudul Betwen You and Me ini digarap dengan menggunakan teknik still photography yang inovatif. Alih-alih direkam dengan kamera, gambar dalam film tak lain adalah gabungan dari beberapa foto yang ditampilkan dalam slideshow. Kisah diawali dengan seorang gadis yang memotret-motret sudut kota. Dalam pemotretan tersebut ternyata sang gadis diserang dan kamera yang dibawanya jatuh. Seorang pria menemukan kameranya dan ingin mengembalikannya. Foto-foto yang ada dalam kamera menjadi petunjuk yang menuntun kepada sang gadis.

3. Rasanya dikejar Pac Man

1Rasanya dikejar Pac Man
Rasanya dikejar Pac Man

Ini adalah sebuah film pendek berjudul Pac Man the Movie. Hanya saja kali ini perspektif cerita ada pada tokoh hantunya. Pemerannya mengenakan baju plastik warna-warni yang kemudian dikejar oleh monster kuning raksasa yang tak lain adalah sosok Pac -Man.

4. Ide Gila

Ide Gila
Ide Gila

MUTO adalah salah satu proyek film pendek tergila yang pernah ada. Bayangkan apabila seluruh animasi yang ada dalam film pendek ini diambil gambarnya lewat mural di seluruh tembok yang ada di Buenos Aires dan Baden. Sutradara Blu yang menggarap filmnya dipastikan membuatnya dengan waktu yang lama dan juga hati-hati.

5. Jahitan bisa begitu indah

Jahitan bisa begitu indah
Jahitan bisa begitu indah

Maggie and Mildred adalah film pendek yang digarap oleh Holly Klein. Film ini bercerita tentang dua orang gadis. Yang menarik dari film ini adalah visualisasi gambar jahitan di sepanjang filmnya. Sang sutradara menjahit satu persatu framenya. Butuh sembilan bulan hingga semua jahitan ini bisa rampung digarap. Pertama ia merampungkan jahitan rumah, kemudian tokoh dan pernik lainnya menyusul kemudian. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh cerita adalah dua tahun. (nha)