Di masa sekarang ini, tampaknya penggunaan kawat gigi bukan lagi sebagai pengobatan, namun sudah menjadi gaya hidup. Tidak jarang kita temui orang memakai kawat gigi hanya untuk tampil trendi, yang biasanya didapat dari tempat yang lepas dari pantauan dokter.

Ternyata, penggunaan kawat gigi palsu atau tanpa pantauan dokter cukup berbahaya. Seperti dilansir MeetDoctor.com, Sabtu (3/5/2014), menurut drg. Nadriati, penggunaan kawat gigi haruslah berdasarkan kondisi Anda secara spesifik. Pemasangan kawat gigi yang dipaksakan, tanpa melihat kondisi secara spesifik tidak bisa didiagnosa oleh ahlinya atau dokter gigi.

Jika Anda menggunakan kawat gigi palsu, maka dikhawatirkan akan memiliki efek jangka panjang yang cukup berbahaya. Bisa saja kawat gigi yang digunakan tidak benar-benar bersih dan steril, sehingga menyebabkan infeksi di daerah rongga mulut dan gigi tanpa disadari.

Masih ingin menggunakan kawat gigi? Sebaiknya Anda pergi ke ahlinya saja, yaitu dokter gigi, sehingga bisa terjamin keamanannya. Sekalipun ada keluhan, Anda bisa konsultasikan langsung ke dokter yang bersangkutan. (tom)