Ada yang bilang kalau terlalu banyak marah nanti akan cepat tua. Kemarahan memang tidak baik dan sering menimbulkan masalah di antara masalah. Namun tahukah Anda kalau marah ternyata memiliki manfaat? Berikut manfaat marah dilansir dari spring.org.uk, Minggu (4/5/2014).

1. Marah Menjadi Kekuatan Pendorong

Orang yang sedang marah membuatnya termotivasi untuk mengungkapkan semua yang menjadi beban di kepalanya. Bahkan sebenarnya kemarahan seperti ini bisa menjadi energi positif untuk memecahkan sebuah masalah.

2. Marah Membuat Seseorang Lebih Optimis

Mungkin memang terdengar aneh, namun jika dibandingkan orang yang sering menahan emosi sehingga menderita karenanya, orang yang mampu menyuarakan kemarahannya lebih optimis dengan hidupnya.

3. Marah Akan Menyelamatkan Hubungan

Orang yang sering menahan kemarahan dan kekecewaan dalam hubungan biasanya akan merugikan diri sendiri dan hubungan cintanya. Kemarahan dapat membuat seseorang mengungkapkan kekecewaan dan jika disikapi dengan baik, kemarahan ini  bisa menjadi penyelaman hubungan, baik hubungan cinta, pertemanan dan keluarga.

4. Marah Mengurangi Kekerasan

Marah biasanya identik dengan kekerasan. Kekerasan fisik sering terjadi karena rasa kesal yang tertumpuk lama dan berpuncak pada kekerasan. Namun rasa kesal yang diungkapkan oleh kemarahan bisa mencegah bom waktu itu terjadi.

Walaupun ada banyak manfaatnya, jangan sampai Anda terus-terusan marah, karean segala yang berlebihan tidak akan menjadi hal yang baik. (tom)