Selain Pempek, Palembang Juga Punya Mie Celor


Palembang biasanya identik dengan kuliner pempeknya. Ternyata selain pempek, Palembang juga memiliki kuliner khas lainnya, yaitu mie celor. Seperti apa mie ini?

Mie ini sering disamakan dengan spaghetti khas negara Italia, namun perbedaanya mie ini ukurannya lebih besar dan kenyal. Dilansir Yukpegi, Senin (5/5/2014), mie yang digunakan lebih mirip seperti mie Aceh dibandingkan bakmi atau mie ayam. Untuk kuahnya didapat dari campuran kuah santan dan kaldu udang (atau ebi) yang menghasilkan rasa gurih dan tekstur yang lembut serta kental. Selain itu kuah ini memiliki rasa berempah dan sedikit manis asam dari santan.

Untuk topping, mie celor ini disajikan dengan taburan udang, potongan telur rebus, taoge, seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Bagi sebagian orang yang suka, mie celor akan dilengkapi dengan taburan kucai. Mie ini juga biasanya disajikan dengan sambal sebagai pelengkap.

Karena rasanya yang enak, tidak heran kalau mie ini banyak diburu oleh para pecinta kuliner. Apalagi mie ini juga menjadi salah satu varian rasa dari sebuah produk mie instan. Bagi sebagian orang, mie celor tidak kalah nikmat bila dibandingkan dengan pempek Palembang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak