Untuk kisah cinta romantis, tentu saja kisah yang paling terkenal di dunia adalah kisah Romeo dan Juliet. Kisah ini adalah karya tulis dari sastrawan terkenal William Shakespeare.

Sudah banyak memang kisah-kisah yang terinspirasi dari kisah tragis Romeo dan Juliet ini. Bisa diadaptasi menjadi sebuah buku, ataupun film. Dikutip Kapanlagi, berikut 5 film terbaik yang diadaptasi dari kisah Romeo dan Juliet.

1. Romeo and Juliet (1996)

ROMEO AND JULIET
ROMEO AND JULIET

Romeo and Juliet garapan Baz Luhrmann ini bisa jadi film yang banyak dikenal masyarakat awam untuk adaptasi dari kisah yang ditulis William Shakespeare. Film yang dirilis tahun 1996 ini dibintangi Leonardo DiCaprio sebagai Romeo, dan Claire Danes sebagai Juliet. Baz Luhrmann menggambarkan kisah Romeo dan Juliet dengan seting yang sangat kontemporer, dilengkapi waria dan pesta narkoba. Sementara dialog masih merujuk teks asli, namun Baz mengubah beberapa rincian plot, terutama plot akhir.

2. Gnomeo and Juliet (2011)

GNOMEO AND JULIET
GNOMEO AND JULIET

Film ini adalah adaptasi paling unik di antara versi Romeo dan Juliet lainnya, yang disutradarai Kelly Asbury. Gnomeo and Juliet sendiri adalah film animasi yang dirilis tahun 2011 lalu. Film ini bercerita tentang dua patung gnome dari kebun berbeda yang dimiliki oleh Mr. Capulet dan Mrs. Montague. Seperti versi aslinya, para patung gnome yang berbeda kebun ini juga saling bermusuhan, bahkan seringkali terjadi perang kebun. Suara Gnomeo diisi oleh James McAvoy, sedangkan Juliet oleh Emily Blunt.

3. Titanic (1997)

TITANIC
TITANIC

Titanic adalah film drama nan epik arahan James Cameron, diperankan oleh Leonardo DiCaprio sebagai Jack, dan Kate Winslet sebagai Rose. Rose adalah anak orang kaya yang telah memiliki tunangan, sedangkan Jack adalah seniman miskin. Mereka bertemu di atas kapal Titanic dalam perjalanan menuju Amerika. Mereka berjuang untuk cinta melawan segala rintangan dan perbedaan. Namun hanya Rose yang akhirnya bisa bertahan hidup, dan Jack berkorban demi pujaan hatinya.

4. Warm Bodies (2013)

WARM BODIES
WARM BODIES

Selanjutnya, Warm Bodies adalah film adaptasi Romeo dan Juliet yang cukup unik. Ini adalah drama komedi dengan sentuhan horor zombie arahan Jonathan Levine. Berkisah tentang R (Nicholas Hoult), seorang zombie kesepian yang menyelamatkan Julie (Teresa Palmer) dari serangan zombie-zombie lain. Kebersamaan mereka selama beberapa hari setelah insiden penyelamatan itu mampu mengubah R, karena timbul benih-benih cinta di antara mereka.

5. Twilight (2008)

TWILIGHT
TWILIGHT

Twilight diangkat dari novel laris karangan Stepahnie Mayer, sebuah film drama fantasi percintaan antara manusia dan vampir. Film ini diperankan oleh Kristen Stewart sebagai Bela, sedangkan Robert Pattinson berperan sebagai Edward. Berawal dari kisah Bela setelah ia pindah ke kota kecil untuk tinggal dengan ayahnya. Di sana dia bertemu dengan Edwards, yang ternyata adalah seorang vampir. Konflik seperti kisah Romeo dan Juliet yang terjadi di sini adalah hubungan antara manusia dan vampir, yang tak mungkin dapat hidup bersama. (nha)