Pasca ditahan terkait kasus penipuan terhadap beberapa mantan pasiennya, Ustad Guntur Bumi (UGB) meminta kepada sang istri, Puput Melati, agar tak menjenguknya di sel tahanan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan. Pasalnya, UGB khawatir dengan kondisi Puput yang saat ini sedang berbadan dua.

“Iya, UGB khawatir kondisi Puput. Katanya nggak perlu dulu (dijenguk Puput). Hari ini dia mau fokus ke pemeriksaan,” ucap kuasa hukum UGB, Sunan Kalijaga, seperti dikutip Liputan6, Rabu (7/5/2014).

UGB baru mau dijenguk Puput bila sudah beberapa hari menjalani masa tahanan. “Nanti dijenguk Puput nya kalau sudah agak lama ditahan. Sekarang beliau sedang siapkan alat bukti yang bisa jadi bahan pertimbangan penyidik. Semoga penahanannya bisa ditangguhkan,” jelas Sunan.

Rikwanto selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan UGB akan ditahan selama 20 hari.B ila di rasa kurang, masa penahanan pun bisa diperpanjang hingga 40 hari. “Kalau kurang, nanti bisa ditambah sampai 40 hari,” tandas Rikwanto.

Hal itu sangat memungkinkan mengigat UGB dilaporkan atas 15 kasus penipuan dan pelecehan seksual. Menurut Rikwanto, masih ada belasan kasus lain yang menjerat UGB. “Bila penyidikannya lengkap, status UGB di kasus lainnya bisa kami naikkan jadi tersangka juga,” paparnya.

Ia juga mempersilahkan tim kuasa hukum UGB jika ingin mengajukan surat penangguhan penahanan. “Silahkan saja, tapi kan penyidik yang menentukan apakah bisa atau tidak,” pungkas Rikwanto. (nha)