Mau tau apa saja sih senjata-senjata unik yang digunakan pada masa Perang Dunia 2 ? Coba deh simak artikel ini. Kita bakalan ngebahas abis tentang senjata-senjata unik yang bisa ditemuin waktu Perang Dunia 2.

Kamu pasti tau kan kalau tahun 1939-1945 itu adalah puncak-puncaknya Perang Dunia 2 ? Perang Dunia 2 ini ada karena tentara Sekutu berniat untuk menghentikan Hitler dan tentara Axis-nya. Sekutu berusaha mati-matian untuk menghentikan tentara Axis dengan berbagai cara. Banyak senjata dibuat untuk tujuan yang menghancurkan tentara Axis. Berikut ini adalah deretan senjata-senjata unik yang ada di Perang Dunia 2.

1. Bom Anak Panah Beracun

Bom anak panah
Bom anak panah image from google

Kalian pasti nggak pernah melihat bom semacam ini. Ya, ini memang bom dan bentuknya mirip dengan anak panah. Pada tahun 1941-1944, proyek bom berbentuk anak panah ini adalah proyek sangat rahasia yang dikerjakan oleh ilmuwan-ilmuwan Inggris. Dengan menggunakan bom semacam ini, mereka nggak perlu membidik titik-titik vital karena racun akan bekerja sangat cepat tanpa perlu membidik sasaran dengan tepat. Nggak main-main loh! Bom ini bisa berakibat kematian. Jadi orang-orang yang kena nggak cuman luka-luka tapi langsung mati dalam waktu beberapa jam saja! Sungguh mengerikan!

Parahnya, bom ini membawa 30.600 jarum yang pastinya bakalan mengenai sasaran tanpa harus membidik dengan cermat. Bom ini dirancang khusus untuk membinasakan banyak orang dalam ruang terbuka. Jadi, masih ada kemungkinan untuk selamat asalkan bisa mencari tempat perlindungan waktu bom ini dijatuhkan. Tapi tetap saja ini senjata pemusnah yang nggak seharusnya meramaikan Perang Dunia.

2. Misil yang Dipandu Burung Merpati

Misil Merpati
Misil Merpati image from google

Misil dengan panduan burung merpati ini adalah ide dari orang Amerika yang namanya B.F. Skinner. Dia mempunyai proyek yang namanya â??Proyek Orconâ?. Proyek ini sebenarnya di tujukan untuk pengontrolan secara organik.

Misil ini punya sistem control dengan lensa yang dapat memproyeksi target ke layar. B.F. Skinner menggunakan tiga ekor merpati terlatih buat memandu misil sehingga target dapat ditemukan dan misil bisa diarahkan tepat sasaran. Target bisa dikunci dengan bantuan ke-tiga ekor merpati ini. Sungguh cerdik bukan? Meskipun ide ini mendapat kucuran dana yang cukup besar tapi proyek ini tidak bisa direalisasikan karena pasukan militer Amerika tidak menanggapi ide ini dengan serius. Tapi, apa jadinya kalau mereka merealisasikan ide ini?

3. Jeep Terbang

Jeep Terbang
Jeep Terbang image from google

Melihat namanya saja sudah aneh apalagi melihat gambarnya. Jeep terbang ini dibuat tahun 1940 di Inggris. Sungguh proyek yang sangat gila! Kenapa dibilang gila? Karena ini hal yang pertama kali dilakukan sejak pesawat terbang ditemukan. Penggabungan dua kendaraan ini dinamakan â??Rotabuggyâ?.

Banyak tes dilakukan buat membuktikan kalau Jeep ini gak mungkin rusak meskipun dijatuhkan dari ketinngian tertentu. Sebenarnya proyek ini bisa dibilang cukup sukses karena para pembuatnya bisa membuktikan kalau Jeep terbang ini memang bisa terbang meskipun agak sulit untuk dikendalikan. Sayangnya, Jeep ini tidak diproduksi lagi meskipun terbukti kalau Jeep ini bisa dikendalikan dan juga sangat bermanfaat. Ini dikarenakan pada saat itu Jeep semacam ini tidak banyak dibutuhkan.

Orang-orang Inggris lebih memilih untuk berkonsentrasi pada pengembangan proyek Horsa 2 dan juga Hamilcar. Benar-benar sayang banget, padahal ini ide yang sangat hebat dan terbukti bisa direalisasikan. Coba bayangkan kalau ide ini direalisasikan waktu itu? Pasti sekarang kita bisa nemuin banyak mobil yang bisa terbang.

4. Kapal-Kapal Es

Kapal Es
Kapal Es image from google

Pernah melihat kapal es? Pasti belum pernah karena kapal semacam ini cuma diproduksi pada jaman Perang Dunia 2. Ini adalah jalan keluar untuk menghadapi U-boats milik Jerman yang terkenal dapat mengancurkan banyak kapal-kapal lawan. Kapal es ini sebenarnya adalah ide dari Lois Mountbatten yang berusaha melindungi kapal-kapal dagang tentara sekutu. Ia berusaha membuat kapal yang sangat besar tapi nggak menghabiskan dana untuk melindungi kapal-kapal dagang Inggris. Dengan membuat kapal semacam ini, mereka bisa melindungi barang-barang mereka dari serangan tentara Axis.

Sebenarnya proyek ini sudah dapat perhatian khusus oleh Churchill. Tapi, proyek ini dibiarkan terbengkalai karena pada saat pengerjaan, perang Atlantik sudah dimenangkan oleh pihak sekutu. Jadi sudah pasti mereka nggak perlu lagi membuat kapal es untuk melindungi kapal-kapal dagang mereka dari serangan kapal-kapal tentara Axis. Kalau perang sudah selesai, buat apa menghabiskan waktu?

5. Anjing Anti Tank

Anjing anti tank
Anjing anti tank image from google

Anjing-anjing anti tank adalah anjing-anjing yang dilatih oleh militer Uni Soviet untuk mencari makanna yang ada di bawah tank ataupun kendaraan-kendaraan tempur yang lain. Anjing-anjing itu dengan sengaja tidak diberi makanan dan mereka dilengkapi dnegn bom yang dipasang di punggung mereka.

Anjing-anjing anti tank dibiarkan berkeliaran di area yang dilewati oleh tentara lawan. Detonator bom akan meledakkan bom ketika anjing pembawa bom melewati bawah tank. Tentunya ini ide yang sangat menguntungkan buat tentara Uni Soviet karena mereka nggak perlu menghadapi lawan mereka secara langsung. Cukup mengirim anjing-anjing pembawa bom saja, mereka sudah dapat menghabisi banyak tentara lawan sekaligus.

Ide ini sungguh sangat biadab karena mereka memanfaatkan makhluk hidup untuk membunuh manusia yang lain. Mungkin kamu nggak bakalan nemu catatan sejarah tentang anjing anti tank di buku pelajaran sekolah. Tapi, kamu perlu tahu kalau tentara Soviet pernah menggunakan anjing-anjing kelaparan untuk mengabisi musuh-musuh mereka.

Coba bayangkan kalau senjata-senjata diatas terealisasi semua? Pastinya Perang Dunia 2 bakalan memusnahakan jauh lebih banyak lagi manusia. Tentunya Perang Dunia Cukup sampai di sini saja. Jangan sampai kita menghadapi Perang Dunia 3 di masa depan.

Sumber referensi :
//www.weirdworm.com/5-weird-weapons-of-world-war-ii-the-allies/