Perkembangan bayi adalah hal yang paling ditunggu-tunggu sang ibu. Namun beberapa hal dapat menghambat perkembangan bayi, dan hal tersebut tanpa disadari oleh sang ibu sendiri. Salah satunya adalah penggunaan gadget seperti ponsel atau tablet yang berlayar sentuh.

Penelitian yang dilakukan di Cohen Medical Centre di New York, Amerika Serikat, seperti dilansir dari WowKeren, Jumat (9/5/2014), menyebutkan beberapa permainan dalam ponsel atau tablet yang tidak mendidik dapat memperlambat anak dalam berbicara. Terutama permainan yang mengandalkan layar sentuh seperti “Angry Bird” dan “Fruit Ninja”. Tentu saja hal ini berdampak buruk jika para ibu yang suka meminjamkan gadgetnya kepada buah hatinya.

Hasil ini diungkap oleh para peneliti setelah mengamati perilaku orang tua yang memberikan permainan-permainan tersebut pada buah hati mereka. Anak-anak berusia 0-3 tahun yang memainkan permainan tersebut memiliki nilai kemampuan berbicara lebih rendah dibandingkan anak yang lain.

Padahal sekitar 60 persen orang tua menganggap teknologi di gadget dapat meningkatkan kecerdasan buah hati mereka. Kenyataannya, menurut penelitian, tidak ada bukti hasil yang signifikan mengenai kecerdasan antara anak yang menggunakan ponsel/tablet atau yang tidak. Bahkan untuk tingkat kecerdasan verbal, anak-anak yang tidak diberikan smartphone justru lebih tinggi nilainya.

“Teknologi tidak bisa menggantikan interaksi orang tua dengan anaknya,” kata salah seorang pakar anak Cohen Medical Centre, Dr. Ruth Milanaik. “Hanya dengan komunikasi anak dan orang tua dapat saling belajar.” (tom)