Jika biasanya kita melihat madu memiliki warna cokelat, kental, dan bening berbeda halnya dengan madu yang berasal dari Australia dan Selandia Baru ini. Madu ini memiliki warna cokelat muda dan kental mirip seperti karamel namun jangan tertipu oleh penampilannya karena sebenarnya ini adalah asli madu. Madu tersebut bernama Manuka Honey.

Manuka Honey sendiri berasal dari lebah madu Eropa yang mengonsumsi madu dari bunga Manuka. Tanaman Manuka banyak tersebar di wilayah Australia bagian tenggara dan New Zealand. Madu ini memiliki aroma wangi buah yang khas. Rasanya begitu legit dan unik karena merupakan perpaduan molasses, kismis, kurma, dan manisan jeruk.

Madu ini bisa menyembuhkan luka luar oada kulit karena mengandung anti bakteri, manfaat lainnya dari madu ini adalah yakni sebagai obat sakit perut, pencernaan, flu, jerawat dan sinusitis karena mengandung anti radang, anti biotik, anti fungal, dan anti virus.

Tak perlu jauh-jau datang ke Australia atau Selandia Baru untuk merasakan madu ini, karena di Indonesia sendiri sudah dijual dalam bentuk kapsul yang memiliki kisaran harga Rp 200 ribu – Rp 500 ribu per toples. (dea)