Kenapa saat malam hari, bintang-bintang lebih banyak terlihat ketika kita berada di daerah pedesaan dibandingkan di perkotaan, padahal langit sangat cerah? Salah satu penyebabnya adalah polusi cahaya. Banyaknya cahaya yang berasal dari lampu-lampu membuat kita tidak bisa melihat lebih banyak bintang-bintang di langit padahal mereka sebenarnya berada di situ. Itu sebabnya kalau di kota-kota besar, hanya sedikit bintang-bintang yang terjangkau oleh pandangan mata manusia.

Seorang fotografer bernama Thierry Cohen memamerkan karya-karya fotografinya yang memperlihatkan indahnya langit malam di kota-kota besar dalam kondisi tanpa cahaya. Meskipun tanpa cahaya, kota-kota tersebut masih memperlihatkan kemegahannya, apalagi ditambah dengan gemerlap bintang di langit, menjadikan kota tersebut bagaikan kota dalam dongeng.

Beberapa kota yang difoto oleh Thierry antara lain adalah Paris, Rio de Janeiro, Tokyo, atau New York. Sayangnya, kota Jakarta tidak termasuk ke dalam koleksi foto hasil karyanya.

Penasaran bagaimana pemandangan kota besar dunia tanpa cahaya? Berikut fotonya, dikutip dari Kaskus, Sabtu (10/5/2014). (tom)