Dilihat dari namanya, mungkin Anda menyangka kalau minuman Tai Fu Sui ini merupakan minuman buatan orang keturunan Tiongkok. Hal itu memang tidak salah, namun belakangan minuman ini dibuat oleh orang Melayu. Seperti apa minuman Tai Fu Sui ini?

Dilansir Bangkatour, Minggu (11/5/2014), Tai Fu Sui adalah minuman khas Bangka yang sangat populer khususnya di wilayah kota Pangkalpinang. Oleh masyarakat Bangka, minuman ini sering disebut â??fu suiâ??. Sebetulnya Fu Sui merupakan minuman yang diolah dengan bahan utama kacang kedelai. Sekilas minuman ini hampir sama dengan susu kedelai yang biasa dijajakan di pulau Jawa. Hanya saja Tai Fu Sui di Bangka punya cita rasa yang khas.

Minuman yang satu ini bisa Anda temukan dengan mudah di seputar alun-alun kota Pangkalpinang. Para penggemar Tai Fu Sui biasanya menyebut aktifitas meminum Fu Sui itu dengan istilah â??Musoiâ??. Musoi akan terasa semakin beda jika dilakukan beramai-ramai dengan teman atau keluarga sembari ngobrol santai plus ditemani makan otak-otak dan aneka jajanan ringan khas Bangka lainnya.

Bahan utama untuk membuat minuman ini adalah kacang kedelai dan air. Pertama, bersihkan kacang kedelai dari kulitnya dan dicuci bersih. Setelah itu, rendam kacang kedelai beberapa saat, dan kemudian blender kedelai sampai halus lalu saring karena hanya diambil airnya saja. Selanjutnya rebus bersama dengan air, dan jika sudah mendidih, Anda bisa mengangkatnya dan bisa disajikan.

Dulu hanya tersedia rasa kacang kedelai saja untuk minuman ini. Namun sekarang, sudah tersedia variasi rasa dari minuman ini, yaitu rasa buah-buahan. (tom)