Ada beberapa pekerjaan atau profesi yang sangat identik dengan laki-laki. Memang pekerjaan tersebut menuntut kekuatan dan daya tahan yang luar biasa yang umumnya dimiliki oleh kaum adam. Namun, emansipasi wanita nampaknya berhasil diartikan dengan baik oleh beberapa wanita berikut ini. Mereka adalah wanita-wanita cantik yang mampu bersaing bahkan lebih baik dari laki-laki dalam beberapa hal yang semestinya bukan bidangnya wanita.

1. Prisa Adinda

Prisa Adinda
Prisa Adinda

Namanya mencuat saat digaet grup beraliran rock, J-Rock, dalam sebuah proyek musik. Digaetnya Prisa bukan tanpa alasan, karena kemampuanya bermain gitar sangatlah baik. Dan aliran musik Prisa yang juga seorang rocker sangat cocok dengan warna musik band yang terinspirasi dari Lâ??arc-en-Ciel ini.

Awalnya, putri pasangan Rianzi Julidar dan Lydia Arlini Wahab bermain musik dengan bandnya, naumn aliran yang diusung adalah underground. Memang, sangat sedikit kaum hawa yang memainkan musik jenis ini. Namun Prisa berhasil menjadi wanita yang mampu membawakan musik tersebut dengan sangat apik, tak kalah dengan para pria.

2. Alexandra Asmasoebrata

Alexandra Asmasoebrata
Alexandra Asmasoebrata

Memacu adrenalin lewat kecepatan adalah keahlian gadis kelahiran Jakarta, 23 Mei 1988 ini. Mulai debut balap pada usia 12 tahun dalam ajang balap gokart sebagai kadet 60 cc. Ia mengukir prestasi dalam ajang tersebut dan jalan mulus pun dimiliki putri pebalap Alex Asmasoebrata. Prestasi lain dari Andra adalah ketika ia masuk ke ajang kualifikasi Formula BMW Scholarship pada tanggal 27 hingga 29 Februari 2004 diPrestasi membanggakannya itu Spanyol.

Andra juga memegang rekor MURI sebagai pebalap wanita pertama di Indonesia yang juga merupakan wanita pebalap pertama di Asia. Saat ini, Andra bergabung di tim IIRT (Indonesia Incorporated Racing Team).

3. Jeane Phialsia

Jeane Phialsia
Jeane Phialsia

Namanya mungkin tak seterang drummer cilik jebolan Indonesia Mencari Bakat, JP Millenix. Namun, Jeane Phialsia juga memiliki segudang prestasi dalam mengasah skillnya menggebuk drum. Gadis kelahiran 4 Juni 1993 ini pernah menjadi finalis Indonesia Music Festival pada tahun 2003.

Gadis cantik ini juga memegang rekor MURI sebagai drummer wanita termuda di Indonesia, yang penghargaannya diserahkan pada tahun 2004 lalu. Jeane dianggap sebagai drummer wanita paling berbakat di Indonesia.(rei)