Jika biasanya festival identik dengan keceriaan dan meriah, maka festival yang satu ini ini kental dengan nuansa mistisnya. Festival itu adalah festival Phi Ta Khon, yang diadakan di Thailand.

Dilansir Yukpegi, Kamis (15/5/2014), festival ini merupakan festival hantu yang rutin diadakan sekali setahun di Thailand. Biasanya festival ini dilaksanakan di Dan Sai yang terletak di provinsi Loei, Thailand. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa festival hantu ini memang sangat berbau mistis. Bagaimana tidak, mulai dari awal festival berlangsung sampai acara berakhir, semua hal yang berbau mistis begitu terlihat jelas.

Festival Phi Ta Khon
Festival Phi Ta Khon

Salah satu contohnya adalah untuk menentukan kapan festival akan diselenggarakan saja mereka harus menunggu adanya bisikan gaib terlebih dulu. Semua yang akan dilakukan harus disesuaikan dengan bisikan tersebut, yang ditugaskan pada paranormal desa. Bahkan pihak pemerintah Thailand pun tidak menyebutkan kapan tanggal pasti festival ini digelar. Mereka hanya menyebutkan bulan pelaksanaannya antara bulan Maret sampai Juli. Terlepas dari kapan festival ini diselenggarakan, yang pasti festival ini dilaksanakan selama tiga hari.

Konon, festival Phi Ta Khon ini pada mulanya dilaksanakan untuk menyambut Pangeran Vessandorn. Pangeran ini dianggap sebagai reinkarnasi Buddha. Pada saat itu, semua orang sangat bersuka cita. Bahkan karena terlalu gembira, orang-orang yang sudah meninggal pun dipercaya sampai bangkit kembali.

Festival Phi Ta Khon
Festival Phi Ta Khon

Seperti tidak ingin ketinggalan kegembiraan ini, orang-orang yang telah meninggal tersebut turut berpesta dalam festival. Berdasarkan cerita sejarah itulah mengapa festival ini menghadirkan orang-orang yang mengenakan kostum hantu dan memakai topeng kayu.

Mereka juga menggoyang-goyangkan tubuh dan menari mengikuti irama. Hal yang membuat festival ini terlihat seram dan membuat bulu kuduk berdiri adalah ukiran wajah pada topeng yang menyeramkan. Penasaran bagaimana festival ini dilangsungkan? Datang dan saksikan sendiri, itu pun jika Anda beruntung bisa mengetahui jadwal festival ini diadakan. (tom)