Kapurung, Sayuran Bergizi Asal Toraja


Suku Toraja sangat terkenal dengan adat istiadatnya yang kental dan menarik. Tak hanya dari sisi adatnya saja, sisi kuliner Toraja juga ternyata cukup menggugah selera dan sayang untuk dilewatkan. Seperti misalnya kuliner khasnya yang bernama Kapurung.

Dilansir blog Kulinernet, Kamis (15/5/2014), Kapurung adalah makanan yang berbahan baku sayuran, ikan dan sagu, yang rasanya nikmat dan kaya akan gizi. Sayuran yang ada pada makanan ini antara lain adalah bayam, kacang panjang, kangkung, ontong (jantung) pisang, daun labu merah yang masih muda, dan irisan jagung muda. Semua itu merupakan sayuran yang kaya akan gizi.

Selain sayuran, ada bahan lainnya yaitu berupa ikan bandeng (yang dimasak dan diberi bumbu kuning terlebih dahulu), ikan teri goreng, dan kacang tanah goreng. Seluruh ikan serta kacang tanah diuleg kasar dan dimasukkan ke dalam sayuran tadi. Terakhir di tambah dengan sagu yang di masak (seperti pentolan bakso, tapi ukurannya agak besar). Sepintas sagu tersebut memang seperti gumpalan lem kertas yang putih. Sementara bumbu yang dipakai terdiri dari bawang merah, bawang putih, bawang prey, garam, dan penyedap rasa.

Adapun cara penyajian makanan ini ditambah dengan sambal tomat dan jeruk nipis. Anda juga bisa menambah kerupuk sebagai pelengkapnya. Makan siang dengan menu kapurung memang sangat nikmat. Bumbunya membuat kuliner ini nikmat, dan gorengan kacang tanahnya menimbulkan sensasi gurih di lidah. Ditambah lagi rasa ikannya yang benar-benar terasa, dan bertambah nikmat dengan pedas sambalnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak