Sebagai wanita, rasanya agak aneh jika keluar rumah tanpa makeup. Ingin foto selfie juga kurang lengkap tanpa sentuhan bedak, sedikit lipgloss dan kalau perlu, pakai edit foto agar wajah tampak mulus, halus dan cantik seketika. Kini standar kecantikan terbaru adalah wanita yang tidak menggunakan makeup.

Maksud dari standar itu adalah Anda sebagai wanita baru bisa dikatakan cantik jika wajah dalam keadaan tanpa makeup sama sekali. Dilansir oleh totalbeauty.com, Kamis (15/5/2014), semakin banyak wanita masa kini yang menentang definisi cantik. Banyak wanita mati-matian memoles wajah dengan  makeup atau melakukan edit foto habis-habisan agar tampak cantik. Namun semua itu sebenarnya hanya menjebak wanita pada kecantikan luar saja. Cantik yang sesungguhnya adalah mencintai tubuh Anda.

Wanita tunduk terlalu jauh pada standar umum mengenai penampilan mereka,” ujar  Deborah Rhode, seorang penulis buku The Beauty Bias. Menurutnya, wanita masa kini akan merasa janggal jika tidak keluar rumah tanpa makeup, ke kantor tanpa makeup dianggap tak profesional, kadang hal tersebut membuat wanita berpikir bahwa cantik adalah tampilan luarnya saja.

Karena sudah ada standar kecantikan tanpa makeup, tidak heran jika para artis berani tampil polos tanpa makeup sama sekali akan menuai pujian. Termasuk keberanian para wanita yang berpose tanpa makeup di Instagram demi amal. Andai semua wanita seberani itu dan percaya diri bahwa dia memang cantik tanpa polesan apapun, itu bisa disebut hal yang bagus.

Bagaimana dengan diri Anda? Apakah Anda setuju dengan standar kecantikan ini? (tom)