Semakin berkembang dan canggihnya teknologi komunikasi saat kini membuat kegiatan berkirim surat dengan menggunakan kartu pos sudah menjadi suatu kegiatan langka.

Dikutip Express.co.uk, Jumat (16/5/2014), Vanuatu Post mendirikan sebuah kantor pos di bawah laut yang terletak di lepas pantai Hideaway Island, Vanuatu di Samudera Pasifik Selatan.

Kantor pos Vanuatu terbuat dari sebuah tangki fiberglass dan berada di kedalaman 50 meter. Seseorang yang ingin berkunjung ke kantor pos tersebut terlebih dahulu harus melengkapi diri dengan peralatan menyelam.

Sesampainya di sana, Anda dapat mengirim kartu pos khusus yang tahan terhadap air. Kartu pos akan dikumpulkan setiap hari oleh seorang penyelam dari pulau terdekat dan dibawa ke layanan pos untuk dikirim.

Mike Crawford selaku Manajer menyelam di Hideaway Island, mengatakan dirinya telah membuat kantor pos yang unik ini selama tujuh tahun. “Kantor pos ini dibuat dari tangki air fiberglass dan ditambahkan lubang untuk loket di satu sisi dan sebuah pintu masuk di sisi lain,” ujar Crawford.

“Sebuah kotak pos itu ditempatkan di samping tangki tersebut, sehingga penyelam dapat memasukan kartu pos mereka sendiri dan dikumpulkan setiap hari oleh penyelam profesional,” tutupnya. (nha)