Negara Argentina menyimpan banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah kota Ushuaia yang dijuluki sebagai kota di ujung dunia.

Ushuaia adalah ibukota Tierra del Fuego Argentina. Di bagian utara kota terdapat gunung Martial sedangkan di selatan ada selat Beagle. Kota ini merupakan destinasi wisata yang populer terutama untuk wisatawan dari Buenos Aires. Dilansir Yukpegi, Senin (19/5/2014), demi meraih gelar sebagai kota ujung dunia, kota ini harus bersaing ketat dengan Chili yang mengklaim bahwa Punta Arenas merupakan kota di paling ujung selatan. Namun, sepertinya Ushuailah yang berhasil memenuhi syarat untuk meraih gelar ini karena lokasinya yang memang mendekati kutub selatan yaitu benua es Antartika.

Ushuaia merupakan kota wisata yang lengkap dengan restoran dan kasino. Di kota ini Anda dapat melihat panorama alam yang amat indah. Lebih menarik lagi, kota ini menjadi gerbang utama untuk wisatawan yang ingin bermain ski di Glaciar Martial dan Cerro Castor. Saat musim dingin, suhu di kawasan ini dapat mencapai angka minus 5 derajat Celsius. Karena suhunya yang selalu dingin, kota ini disebut sebagai arena ski yang memiliki musim terlama di wilayah Amerika Latin.

Kota Ushuaia
Kota Ushuaia

Selain itu, di kota Ushuaia Anda juga dapat mencoba petualangan alam liar dengan paus orca dan penguin di Selat Beagle. Anda pun bisa menjelajah Teluk Lapataia dan Taman Nasional Tierra del Fuego. Taman-taman ini dapat dijangkau melalui jalan bebas hambatan maupun melewati jalur kereta ujung dunia.

Di Ushuaia juga terdapat museum yang menyimpan berbagai macam koleksi tentang peninggalan masa kependudukan Inggis dan Yamana. Ada pula sebuah mercusuar yang dinamai Les Eclaireurs. Mercusuar ini sering diklaim sebagai mercusuar yang ada di ujung dunia karena ini adalah satu-satunya mercusuar di ujung selatan bumi.

Daya tarik lainnya, kota ini juga menjadi pelabuhan singgah yang paling dekat dengan Antartika. Ini membuat kota Ushuaia menjadi destinasi wisata untuk berlayar, bermain kayak, atau sekedar menikmati minuman di bar hotel yang hangat. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi binatang khas Antartika yaitu penguin.

Jika ingin merasakan bagaimana berada di Kutub Selatan, maka Anda bisa mengunjungi kota ini, sehingga Anda akan terbiasa dengan cuaca di Kutub Selatan. (tom)