Umumnya, sekolah berdiri tegak di atas tanah, lengkap dengan kelas dan berbagai fasilitasnya. Tetapi, ada sekolah unik yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Nigeria. Pasalnya, sekolah di sana terapung tepat di atas laut.

Sekolah itu berada di Makoko, sebuah desa terpencil yang berada di tepi pantai Lagos, Nigeria. Pembuatan sekolah ini pun berdasarkan inisiatif dan dukungan dari PBB, seperti dilansir BBC, Selasa (20/5/2014),

Seorang arsitek Nigeria, Kunle Adeyemi pun terpilih sebagai perancang sekolah ini. Untuk membuat bangunan sekolah terapung, 256 barel plastik ulang digunakan.

Kayu digunakan untuk bangunan sekolah. Sekitar 100 anak bisa berada di sekolah ini. Untuk mencapai sekolah, anak-anak penduduk setempat menggunakan perahu sebagai sarana transportasi.

Sekolah ini terdiri dari dua tingkat. Tingkat paling atas digunakan sebagai ruang kelas. Sedang lantai bawah digunakan sebagai ruang komunitas. Lantaran unik, desain sekolah ini masuk dalam nominasi Designs of the Year 2014 yang diawasi oleh Museum Design di London. (nha)