Menjadi seorang ibu bagi seorang wanita adalah hal yang paling membanggakan dan menyenangkan di dunia. Apalagi ketika sudah memiliki anak, maka tanggung jawab menjadi seorang ibu sangatlah besar dan mulia.

Dilansir dari mashable.com (Selasa, 20/5/2014), terdapat tiga orang ibu-ibu yang sudah berusia 100 tahun yang nampak terlihat segar dan bugar. Dalam rangka hari Ibu yang diperingati beberapa waktu lalu di beberapa negara di luar sana, tim Mashable membuat sebuah proyek yang melibatkan 100 perempuan di Amerika Serikat, dalam proyek itu ditemukan perempuan yang sudah berusia 100 tahun yakni ita Rosenthal, Saide Adler dan Connie Isaac.

Ketiganya masih terlihat segar bugar dan menyatakan kebahagiaan dan kebanggan menjadi seorang ibu walaupun mengalami masa sulit dalam menjalaninya. “Menjadi seorang ibu artinya menjaga seluruh keluarga tetap bersama-sama.” ujar Isaac.

Ketiga ibu ini mengalami masa sulit dimana harus membesarkan bayinya pada saat perang dunia, hal yang sangat tidak mudah harus mengasuh anak di situasi yang mencekam dan tidak aman. “Saat melihat anak Anda pergi keluar rumah dan melihat poster pemberitahuan berisi korban-korban yang meninggal, hati ibu mana yang tak hancur,” tutur Adler. “Bagaimana Anda berpikir tentang ribuan anak-anak laki-laki yang meninggal di medan perang sana.” tambahnya.

Perjuangan dan kisah ketiga orang ibu yang sudah menjalani kehidupan yang begitu lama di dunia ini sangat patut dicontoh. Jadilah bangga karena bisa menjadi seorang ibu. Jangan pernah menyerah dalam menghadapi berbagai cobaan untuk menjadi ibu yang baik. (dea)