Tahukah Anda? Masyarakat Jiangcheng, Provinsi Yunnan, China, memiliki festival unik yang digelar tiap tahun. Warga setempat pun melukis tubuh kerbau dengan cat aneka warna.

Konon festival ini digelar untuk mengusir macan dari desa mereka. Hani adalah nama suku di China yang melaksanakan festival melukis kerbau ini. Tradisi tersebut sudah ada sejak lama, dan berakar di Provinsi Hunnan.

Setiap tahunnya, puluhan tim dari berbagai daerah berlomba melukis tubuh kerbau. Yang paling cantik, merekalah yang menang. Dikutip Reuters, Rabu (21/5/2014), pesertanya kini tak hanya berasal dari China.

Seniman asal 8 negara di dunia berlomba melukis tubuh kerbau, untuk memenangkan hadiah sebesar 100.000 Yuan (Rp 182 juta). Setelah dicat, kerbau-kerbau tersebut dibawa ke tengah lapangan untuk dipamerkan dan dinilai oleh juri.

Kerbau warna-warni tersebut dengan aneka warna yang menutupi tubuh, bahkan sulit dikenali. Cat aneka warna dalam berbagai bentuk menutupi tubuh kerbau, membuatnya seperti karya seni yang hidup. Bahkan, tanduknya pun dicat lho! Sangat menarik bukan? (nha)