Biasanya anak berumur 8 tahun masih disibukkan dengan kegiatan bermain di samping kegiatan sekolahnya. Namun beda halnya dengan anak yang satu ini. Dia justru memiliki hobi unik dan bisa mendatangkan uang, yang dia gunakan untuk kegiatan sosial. Dia adalah William Winslow.

William merupakan siswa kelas dua di A. B. Combs Elementary School di Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat. Dirinya memiliki hobi unik mengumpulkan uang dan makanan untuk membantu teman-temannya yang kelaparan. Seperti dilansir dari kindnessblog.com, Kamis (22/5/2014), William sudah berjuang untuk memberantas kelaparan yang dialami anak-anak yang ada di sekitarnya meski usianya saat itu belum genap tujuh tahun. Ibu William mengungkapkan bahwa pada tahun ini saja, William sudah bisa mengumpulkan makanan dan uang yang cukup untuk memberi makan 16 anak sepanjang tahun.

Semuanya bermula ketika William mendengar tentang BackPack Buddies, sebuah program untuk menghapuskan kelaparan yang diselenggarakan oleh Inter-Faith Food Shuttle. William langsung merasa tergugah hatinya saat tahu ada masalah tentang kekurangan makanan yang terjadi di lingkungan sekitarnya sendiri. Tanpa berpikir panjang, ia pun langsung mengumpulkan donasi untuk BackPack Buddies. Di ulang tahunnya yang ketujuh, ia meminta teman-temannya untuk memberikan donasi dan ia sama sekali tak meminta kado ulang tahun.

Selain mengumpulkan donasi, William meminta ibunya untuk bisa mengantarnya ke swalayan terdekat untuk berbicara dengan manajernya tentang rencana untuk mengantar makanan ke anak-anak yang membutuhkan. “Aku hanya tidak bisa berhenti memikirkan bagaimana teman-teman sekelasku kelaparan,” jawab William ketika ditanya oleh sang ibu.

Baru-baru ini, William mendapatkan bantuan dari sebuah lembaga nonprofit untuk mengatasi kelaparan pada anak-anak yang bernama Sodexo Foundation. Bantuan yang didapatkannya sebesar USD 500 (sekitar Rp 5,5 juta). William pun berencana untuk terus mengembangkan programnya. Ketika ditanya apa yang ingin ia lihat di masa depannya, ia menjawab, “Aku melihat sudah tak ada lagi anak-anak yang kelaparan.”

William membuktikan kalau dirinya bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat atau memberikan kontribusi untuk membantu siapapun yang membutuhkan meskipun dia masih berumur 8 tahun. Anda juga bisa melakukannya, dan diawali dengan sesuatu yang kecil, dari sesuatu yang kita bisa, dan terus konsisten melakukannya. Tak ada salahnya kita berbuat satu kebaikan demi orang lain yang membutuhkan. (tom)