Bila Anda memiliki banyak kosmetik, sebaiknya periksa kosmetik-kosmetik tersebut masih layak pakai atau tidak. Sekalipun tas kosmetik Anda isinya masih banyak, kosmetik kedaluwarsa hendaknya tidak dipakai lagi. Penelitian mengatakan bahwa kosmetik kedaluwarsa dapat menyebabkan iritasi, infeksi dan aneka penyakit lainnya.

Dilansir Yahoo Shine, Kamis (22/5/2014), ada beberapa efek yang bisa terjadi karena kosmetik kedaluwarsa. Contohnya adalah lipstik kedaluwarsa. Lipstik terbuat dari lilin yang dipadatkan, sehingga bahan itu akan menangkap banyak bakteri yang bisa melompat ke dalam rongga mulut dan menyebabkan penyakit jika sudah kedaluwarsa. Bahkan dikatakan bila lipstik bisa menularkan herpes dan dermatitis.

Selain lipstik, kosmetik kedaluwarsa lain juga berefek negatif terhadap tubuh Anda. Misalnya lipgloss, yang bisa memindahkan bakteri dari lipgloss ke rongga mulut dan menyebabkan iritasi hingga infeksi yang serius, maskara yang bisa menyebabkan blepharitis dan konjungtivitis, blush on yang menjadi sarang kuman, foundation yang bisa menyebabkan infeksi kulit, selulitis, iritasi, dan eyeliner infeksi serta iritasi pada mata.

Agar kosmetik Anda tidak banyak terbuang karena kedaluwarsa, sebaiknya Anda membeli kemasan kecil bila tak sering dipakai dan hindari menimbun terlalu banyak makeup yang pada akhirnya tidak akan dipakai. (tom)