Banyaknya maskapai penerbangan membuat harga tiket pesawat saat ini semakin terjangkau. Perjalanan udara pun kini semakin murah dan kompetitif. Belum lagi kalau ada promo-promo yang diberikan oleh beberapa maskapai penerbangan. Dengan begitu membuat jatah kursi pun langsung ludes diborong para calon penumpang. Hal ini kemudian membuat kecewa sebagian penumpang yang kehabisan tiket pesawat.

Penentuan harga tiket pesawat memang sedikit berbeda dengan transportasi umum lainnya. Terkadang harga tiket pesawat bisa sangat mahal pada momen-momen tertentu. Nah, untuk anda yang ingin mendapatkan tiket murah. Berikut adalah beberapa tips ringan yang dikutip dari YahooTravel.

1. Belilah tiket jauh hari sebelum keberangkatan

Jika anda memiliki waktu yang cukup untuk melakukan perjalanan udara dan tujuan perjalanan anda sudah diketahui dari jauh-jauh hari. Sebaiknya anda bisa memesan tiket dua atau tiga bulan sebelumnya. Ini bisa menjadi solusi untuk mendapatkan tiket pesawat murah. Semakin anda memesan jauh sebelum keberangkatan harga tiket pun biasanya lebih murah.

2. Hindari perjalanan di musim liburan

Biasanya maskapai akan menerapkan tarif batas atas, ketika jadwal penerbangan terletak pada saat menjelang, hari H, dan selesainya musim liburan. Atau, ketika di suatu tempat tujuan saat itu sedang ramainya turis, biasanya harga tiket juga akan naik menuju tempat tersebut. Untuk itu, carilah jadwal penerbangan yang kemungkinan tidak bentrok dengan jadwal liburan secara umum.

3. Hindari berangkat di akhir pekan

Akhir pekan juga merupakan hari yang membuat maskapai cukup sibuk. Banyak orang yang melakukan perjalanan di waktu ini. Sehingga, maskapai pun menerapkan harga tertingginya. Jadi, carilah hari biasa untuk perjalanan Anda kalau mau dapat tiket lebih murah.

4. Waktu yang fleksibel

Jika perjalanan Anda cukup fleksibel, maka itu akan menguntungkan. Karena, berbagai maskapai biasanya memberikan beberapa alternatif penerbangan. Anda bisa mengeceknya dan memilih tarif yang paling murah sesuai dengan fleksibilitas waktu perjalanan yang Anda inginkan. Lewat situs internet, Anda juga bisa membandingkan berbagai tarif yang ditawarkan maskapai.

5. Teliti membaca keterangan syarat promosi tiket

Bahasa iklan kadangkala â??menipuâ? kalau tidak cermat membacanya. Barangkali Anda akan disuguhi tarif yang sangat murah, tetapi belum termasuk pajak, BBM, dan sebagainya. Ironisnya, syarat dan ketentuan ini seringkali hanya ditulis dengan huruf kecil yang mengecoh. Jadi, perhatikan benar setiap promosi tiket murah agar Anda mendapatkan tarif yang benar-benar terjangkau..(jow)