Siapa sangka? Ternyata di Jepang terdapat sebuah pulau yang dihuni oleh ratusan kelinci. Dikutip Amusing Planet, Senin (26/5/2014), pulau itu bernama pulau Okunoshima.

Pulau kecil ini diapit oleh Hiroshima dan Shikoku. Sebelum menjadi tempat hidup kawanan kelinci-kelinci, pulau ini dulunya merupakan pulau yang paling menyeramkan dan berbahaya di Jepang.

Diketahui sebelumnya, Jepang merupakan salah satu negara yang punya peranan besar di Perang Dunia ke-2. Oleh karena itulah Tentara Kekaisaran Jepang memberdayakan Pulau Okunoshima sebagai penghasil senjata kimia pada tahun 1929 hingga 1945 silam.

Menjadi pulau yang dipenuhi oleh bahan kimia, Okunoshima menjadi pulau terisolasi dan dijaga dengan kekat. Bahkan karena terlalu dirahasiakan, pulau ini pun sempat dihilangkan dari peta Jepang selama 16 tahun.

Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengembalikan keadaan alam dan udara pulau tersebut hingga tingkat normal dan aman untuk ditinggali. Agar mengetahui apakah pulau tersebut aman untuk ditinggali, sejumlah kelinci percobaan dikirim ke pulau Okunoshima begitu Perang Dunia ke-2 usai.

Rupanya, kawanan kelinci tersebut pun berkembang biak dengan pesat dan memenuhi pulau Okunoshima. Kini pulau seluas 700 ribu meter persegi ini ditinggali oleh 300 ekor kelinci yang berkeliaran secara bebas di pulau Okunoshima dan menjadi penghuni utama pulau tersebut.

Para pengunjung pulau ini boleh memberi makan dan mengajak main kawanan kelinci, namun untuk menjaga populasi kelinci, pengunjung tak diperbolehkan membawa peliharaan seperti anjing dan kucing. (nha)