Dari hasil pemeriksaan yang diperoleh laboratorium Badan Narkotika Nasional (BNN), diketahui bahwa aktor Roger Danuarta positif menggunakan narkoba jenis putaw.

Roger juga dinyatakan negatif mengonsumsi ganja. Sekedar mengingatkan, di dalam mobil Roger sempat ditemukan sebuah paket yang diduga ganja sebanyak 15,7 gram.

Tapi, dari hasil laboratorium, diketahui ‘ganja’ itu hanya merupakan zat sintetis yang belum diatur dalam Undang-undang narkotika. Anehnya, Roger mengaku memakai barang tersebut untuk menaikkan nafsu makannya yang berkurang gara-gara putaw.

“Roger bilangnya ketika dia makan putaw dia butuh itu (daun yang diduga ganja) supaya dia nafsu makan. Soalnya kalau habis pakai putaw kan nggak nafsu makan lagi. Yang dikira ganja itu ternyata zat sintetis,” kata kuasa hukum Roger, Jufrry Maykel Mannus, seperti dilansir Liputan6, Selasa (27/5/2014)

Akibat rutin mengonsumsi putaw selama empat bulan, Roger mengalami kerusakan fungsi hati. Hal itu lah yang menjadi alasan bagi Jufrry supaya Roger dapat segera direhabilitasi.

“Dari pemeriksaan RSKO, Roger harus dibawa ke pengobatan lebih lanjut karena sudah fungsi hatinya di atas ambang normal. Di rutan matanya kuning, dari hasil RSKO efek samping putaw itu terkena ke hati atau livernya rusak,” lanjut Jufrry.

“Dia di rutan minum obat terus supaya fungsi hatinya tidak bengkak, tapi kalau cuma obat terus dan tidak direhab, ya tidak akan maksimal,” tutupnya. (nha)