Apakah Anda kerap menyentuh atau menggunakan ponsel di saat tidur? Entah itu untuk berkomunikasi, memainkan aplikasi permainan di dalamnya, atau sebagai sarana hiburan.

Maka tak jarang ponsel Anda tergeletak di samping Anda ketika Anda sedang tidur dan belum dimatikan. Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini mampu membawa dampak merugikan untuk kesehatan Anda?

Dikutip indiatimes.com, Kamis (29/5/2014), radiasi dari cahaya ponsel yang menyala mampu mengacaukan jam tidur. Cahaya yang berbasis warna biru ini dapat mengganggu kerja sel otak yang bisa memberikan dampak merugikan bagi kualitas tidur Anda.

“Ketika cahaya biru ini mengenai sel protein yang ada di otak, maka sel ini akan mengirimkan sinyal di otak untuk kemudian diteruskan ke seluruh tubuh yang kemudian membuat Anda terjaga di malam hari. Akibatnya jam tidur Anda menjadi kacau serta tubuh menjadi lelah. Sehingga dapat mengganggu aktivitas Anda keesokan harinya akibat proses pemenuhan energi di dalam tubuh yang tidak berlangsung dengan maksimal,” kata brian Zoltowski dari American Chemical Society.

Jadi, segera mungkin jauhkan ponsel Anda ketika Anda sedang tidur malam. (nha)