Siapa yang tak kenal dengan film ini? Avatar merupakan salah satu film garapan sutradara James Cameron yang sukses mencuri perhatian publik. Beberapa waktu lalu, sempat tersiar kabar akan dibuatnya sekuel dari film fantasi yang dibintangi Sam Worthington tersebut.

Rencananya, akan ada tiga sekuel lanjutan Avatar. Selain itu, Avatar akan dibuat versi pertunjukan panggungnya. Nantinya Cameron akan bekerja sama dengan Cirque du Soleil, pihak penyelenggara pertunjukan tersebut.

“Kami harus membawa ke tingkat lebih tinggi, ke level James Cameron, walapun ini tak mudah. Tapi ini adalah tantangan yang harus kami hadapi,” ungkap Daniel Lamarre, CEO Cirque du Soleil, seperti dilansir Kapanlagi, Sabtu (31/5/2014).

Proyek ini menjadi kali kedua Cameron bekerjasama dengan grup pertunjukan yang berbasis di Montreal, Kanada. Sebelumnya mereka sempat menggarap proyek pertunjukan Cirque du Soleil: Worlds Away, di mana saat itu Cameron duduk di kursi produser eksekutif.

Film Avatar dulunya sukses dengan meraup US$ 2,7 miliar setelah dirilis tahun 2009 silam. Rencananya, proyek pertunjukan ini akan digelar pada akhir 2015 sebelum dirilisnya Avatar 2. (nha)