Amerika Serikat ternyata memiliki jalur kereta mainan terbesar di dunia. Jalur kerete mainan ini bernama Northlandz. Northlandz bertempat di Flemington, New Jersey, Amerika Serikat.

Prakarya ini dibuat oleh Bruce Williams Zaccagnino yang merupakan penggemar mainan. Siapa sangka? Dalam membuat jalur kereta mainan ini, Bruce menghabiskan waktu selama 16 tahun.

Hingga saat ini, Bruce telah menghasilkan karya canggih sebanyak 100 kereta, 400 jembatan, dan lebih dari 8 mil jalur kereta. Dikutip situs resminya, northlandz.com, jalur kereta mainan kini menjadi atraksi wisata populer di New Jersey sejak tahun 1997.

Northlandz memiliki lebih dari 3 ribu miniatur gedung, 50 robu jalanan, dan 40 kaki jembatan untuk menyeberangi jurang. Jika ingin mengunjungi Northlandz, Anda akan dikenakan biaya sebesar 13,75 USD atau sekitar Rp 150 ribu untuk remaja dan orang dewasa, serta USD 9,75 atau sekitar Rp 110 ribu untuk anak-anak berusia 2 -12 tahun.

Museum ini dibuka setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu, kecuali pada hari Selasa. Pasalnya, pada hari selasa Bruce akan membersihkan mainannya  sekaligus menambahkan koleksi terbaru.

Rancangan ini dibuat layaknya desa sungguhan versi mini. Ada lebih dari 200 boneka manusia yang diletakkan di dalamnya berpose seperti manusia. Bahkan, Bruce juga menambahkan aksen pesawat yang jatuh dikelilingi oleh boneka manusia. Keren bukan? (nha)